News

KM Niki Sejahtera Terbakar di Perairan Banjarmasin, Ratusan Penumpang Dievakuasi ke Pelabuhan Trisakti

KM Niki Sejahtera terbakar dalam pelayaran dari Surabaya menuju Banjarmasin.

Featured-Image
PROSES evakuasi penumpang dari KM Niki Sejahtera yang terbakar.(Foto: Bakamla)

bakabar.com, BANJARMASIN - Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera mengalami kebakaran bagian car deck kapal di perairan Banjarmasin. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melalui unsur KN Singa Laut-402 mengevakuasi penumpang dan kru KM Niki Sejahtera.


"KN Singa Laut-402 yang dikomandani oleh Letkol Bakamla M Rita Udin, A.Md, sedang melaksanakan operasi mandiri Jalanusa III/24," kata Pranata Humas Ahli Muda, Kapten Bakamla Yuhanes Antara, dalam keterangannya, dikutip Jumat (2/8/2024).

Peristiwa terbakarnya KM Niki Sejahtera itu diterima informasinya oleh Bakamla dari MV Meratus Kapuas pada Kamis (1/8/2024) pukul 14.00 WIT. Dilaporkan bahwa KM Niki Sejahtera mengalami kebakaran di posisi 05° 11' 187" S dan 113° 43' 943" E.

"Menindaklanjuti informasi tersebut, KN Singa Laut-402 segera mendekati KM Niki Sejahtera untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan (SAR)," kata dia, melansir detikcom.

KM Niki Sejahtera diketahui sedang melaksanakan pelayaran dari Surabaya menuju Banjarmasin. Kapal ini memiliki panjang 131 meter dengan tonase 9.982 GT.

Kapal ini membawa muatan yang terdiri dari 9 truk tronton, 26 truk besar, 7 truk kecil, 6 mobil pribadi, 4 sepeda motor, 5 tosa golongan 2B, serta 1 tosa golongan 3B. Selain itu, kapal ini mengangkut 44 kru dan 108 penumpang.

Proses evakuasi berjalan dramatis lantaran penumpang harus dikeluarkan satu per satu dan dipindahkan ke KN Singa Laut-402 menggunakan bantuan pelampung.

“Semuanya selamat namun ada 3 penumpang harus mendapat penanganan medis. Rinciannya, satu luka bakar, satu stroke ringan dan satu gangguan pernapasan,” tambah Letkol  Rita Udin.

KN Singa Laut-402 membawa para penumpang yang sudah dievakuasi menuju Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.(*)

Editor


Komentar
Banner
Banner