Sport

PSSI Sebut JIS Tak Berstandar FIFA, Kenapa….

Apahabar.com, JAKARTA – PSSI mengklaim Jakarta International Stadium (JIS) belum layak menggelar laga internasional lantaran ada…

Featured-Image
Foto : IG Jakinstadium

Apahabar.com, JAKARTA – PSSI mengklaim Jakarta International Stadium (JIS) belum layak menggelar laga internasional lantaran ada beberapa hal yang belum sesuai standar yang ditetapkan FIFA.

Pernyataan PSSI ini dikeluarkan karena sebelumnya Jakarta International Stadium direncanakan akan menggelar Pertandingan persahabatan Tim Nasional Indonesia.

Namun akhirnya laga antara Indonesia kontra Curacao yang harusnya digelar disana, dipindahkan ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (24/9) mendatang.

Hal ini dilakukan, karena berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100% infrastruktur.

Beberapa yang dianggap belum layak adalah area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter yang dianggap menumpuk di barat utara.

Sarana dan Prasarana Stadion Belum Memadai

Lalu area terbuka, concourse timur pun belum dapat digunakan. Area Perimeter tribun juga dianggap perlu pengkajian ulang karena pagar perimeter di bawah area concourse barat tidak kokoh.

Selain itu sarana dan prasarana pendukung seperti lokasi parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion dianggap belum sesuai standar FIFA.

''Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% – 50% – 75% – 100% dari perhitungan maximum safety capacity,'' kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Daya Tampung Parkir JIS Tidak Memadai

Yunus Nusi juga menambahkan untuk ukuran JIS yang begitu megah (dengan daya tampung 80 ribu kursi) hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat itu sangat riskan.

”Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur . Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catalan FIFA,'' tambah Yunus.

Selain Insfrastruktur yang belum memadai, Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih stadion di Bekasi.

Saat ini PSSI masih dalam tahap pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua (27/9) di antaranya Stadion Pakansari di kota Bogor dan Stadion Patriot di kota Bekasi.

(Reporter : Awan)



Komentar
Banner
Banner