Sport

Penuh Drama, Timnas Indonesia Melangkah ke Final Piala AFF 2020

apahabar.com, SINGAPURA – Melalui babak tambahan, Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 seusai mengalahkan…

Featured-Image
Timnas Indonesia melangkah ke final Piala AFF 2020, setelah mengalahkan Singapura. Foto: Bola

bakabar.com, SINGAPURA – Melalui babak tambahan, Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 seusai mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 atau agregat 5-3 di semifinal leg kedua di National Stadium, Sabtu (25/12) malam.

Babak tambahan harus dilalui, setelah waktu normal berakhir 2-2. Indonesia unggul lebih dulu melalui Ezra Walian di menit 11, tapi dapat disamakan Song Ui-young di menit 45+4.

Shahdan Sulaiman membawa Singapura berbalik unggul di menit 74, sebelum gol Pratama Arhan di menit 87 menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

Begitu babak tambahan dimulai, Indonesia langsung memetik keunggulan. Gol diawali akselerasi Egy Maulana Vikri ke kotak penalti, diakhiri umpan ke tiang jauh.

Shawal Anuar yang berusaha melakukan sapuan dan dikawal Irfan Jaya, justru mendorong bola ke gawang sendiri dengan tumit.

Namun tak lama berselang, Indonesia harus melakukan pergantian mendadak. Rachmat Irianto mengalami cedera bahu dan kemudian digantikan Evan Dimas.

Evan Dimas nyaris langsung mencetak gol di menit 97, setelah mendapat umpan dari sayap kanan. Namun sepakan kapten Timnas Indonesia ini dapat diantisipasi Hassan Sunny.

Irfan Jaya membuang dua peluang bagus dalam waktu berdekatan. Kans terakhir yang diselesaikan dengan sepakan, hanya menghasilkan tendangan sudut.

Hassan Sunny di bawah gawang Singapura benar-benar harus bekerja keras. Kiper 37 tahun ini mesti memblok 3 shot on target Indonesia hanya dalam waktu 1 menit.

Irfan Jaya tampaknya sedang menghadapi hari yang buruk, karena sekali lagi gagal menyelesaikan peluang di menit 105. Padahal pemain Persebaya ini tinggal berhadapan dengan Hassan.

Beruntung dari sepak pojok yang dihasilkan, Indonesia berhasil mencetak gol. Egy Maulana Vikri menyambar bola yang lepas dari tangkapan Hassan dengan sontekan dari jarak dekat.

Singapura yang terus tertekan, akhirnya memperoleh shot on target pertama di menit 108 melalui aksi Ikhsan Fandi. Kans ini cukup mudah diamankan Nadeo Argawinata.

Memasuki menit 112, kembali Irfan Jaya gagal menaklukkan Hassan Sunny melalui sepakan dari luar kotak penalti.

Singapura semakin kepayahan, seiring kartu merah ketiga di menit 119. Hassan Sunny diusir wasit, setelah menjegal Irfan Jaya dalam posisi satu lawan satu di luar kotak penalti.

Oleh karena sudah menghabiskan jatah pergantian pemain, Ikhsan Fandi pun menjadi kiper dadakan.

Hingga pertandingan berakhir, skor 4-2 tidak berubah. Indonesia pun berhasil melangkah ke final Piala AFF 2020 untuk menghadapi Thailand atau Vietnam.

Susunan Pemain:

Indonesia (5-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga (Kadek Agung ‘108), Rizky Ridho (Elkan Baggott ’65), Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya (Egy Maulana Vikri ’65), Ramai Rumakiek (Irfan Jaya ’65); Ezra Walian (Hanis Sagara ’53)

Singapura (4-4-2): Hassan Sunny; Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah (Tajeli Salamat ‘106); Hami Syahin (Shawal Anuar ’60), Harris Harun, Song Ui-young (Amirul Adli ’70), Shahdan Sulaiman; Amy Recha (Ikhsan Fandi ’60), Hafiz Nor

Timnas Indonesia vs Singapura Tanpa Pemenang, Duel Lanjut Babak Tambahan



Komentar
Banner
Banner