Nasional

Resmi Dilantik, Rois Sunandar Maming Beberkan Program BPD Hipmi Jatim

apahabar.com, SURABAYA – Sebanyak 180 orang Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur…

Featured-Image
Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming bersama Ketua BPD HIPMI Jatim Rois Sunandar Maming. Foto-Istimewa

bakabar.com, SURABAYA – Sebanyak 180 orang Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur (HIPMI Jatim) masa bakti 2021-2024 resmi dilantik oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI Mardani H Maming di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (27/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, sejumlah bupati dan unsur Forkompinda Jatim.

Lantas apa saja program BPD HIPMI Jatim? Rois Sunandar Maming yang dipercaya menakhodai BPD HIPMI Jatim pun membeberkan program kerjanya.

Dalam sambutannnya usai dilantik, Ketua BPD HIPMI Jatim, Rois Sunandar Maming menjelaskan bahwa ada 180 orang kader pengusaha muda terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur yang dilantik menjadi pengurus BPD HIPMI Jatim.

“Kami menyusun sebuah kepengurusan yang besar, karena kami bersungguh-sungguh untuk bisa turut membangun potensi daerah dan mewujudkan Jatim Bangkit yang sudah dicanangkan Ibu Gubernur bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tegasnya.

Rois mengungkapkan, HIPMI Jatim memiliki visi yang terangkum dalam Jatim AKSI. Yaitu amanah, kolaboratif, solutif, dan inklusif.

Amanah dengan berjuang sekeras tenaga untuk bergerak bersama memberdayakan pengusaha muda, membentuk kader pengusaha muda yang terpercaya, bertanggung jawab, dan dapat menjaga komitmen.

Kolaboratif dengan menggalang pembentukan ekosistem bisnis yang dihasilkan dari kerja kolaborasi semua kalangan.

Solutif dengan program yang memberi solusi bagi pengusaha muda. Inklusif dengan program dan gerak organisasi yang akan menjadi rumah bagi semua pengusaha muda.

Konsep #JatimAKSI dari HIPMI Jatim akan mendukung sepenuhnya semangat Jatim Bangkit yang digerakkan oleh Pemprov Jatim.

Program kerja dan gerak anggota, yang dimulai dari pelantikan dan Diklatda, akan didedikasikan untuk menyukseskan sejumlah program dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, seperti One Pesantren One Product (OPOP), pengembangan industri halal, East Java Super Corridor, Jatim Big Data Initiative, Millennial Job Center, East Java Innovative Economic Router, dan sebagainya.

Untuk itu, HIPMI selalu membangun optimisme anggota untuk terus bangkit dan berkembang. Dengan optimisme dan kolaborasi tersebut, ia yakin sejumlah tantangan akan mampu dihadapi. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Ke depan, kita dihadapkan pada situasi yang melahirkan optimisme sekaligus tantangan untuk bekerja keras. Optimis karena vaksinasi sudah mulai dijalankan dan ada indikasi kuat bahwa pemulihan ekonomi mulai berjalan. Tantangan untuk bekerja keras karena ada sejumlah pekerjaan rumah yang menuntut diselesaikan aksi-aksi bersama,” ujar Rois Sunandar Maming.

Selain bersinergi dengan Pemprov Jatim, HIPMI Jatim juga akan berkolaborasi dengan berbagai organisasi lain seperti dengan Kadin Jatim untuk peningkatan SDM dan UMKM.

Saat ini sudah terbentuk kepengurusan BPC HIPMI di 35 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Insya Allah, kami akan genapkan menjadi 38 kabupaten/kota, sehingga panji-panji kebesaran HIPMI bisa benar-benar berkibar di seluruh penjuru Jawa Timur,” tandas Rois Sunandar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa 180 pengurus BPD HIPMI Jatim adalah hal yang luar biasa. Karena kata Khofifah, Bung Karno saja mengatakan hanya butuh 10 anak muda untuk merubah dunia, sehinga 180 anak muda pun bisa.

“Maka kalau 180 anak muda yang memiliki basis Enterpreneurship yang luar biasa maka mengantaskan kemiskinan di Jawa Timur barangkali bisa,” tutur Khofifah.

Pelantikan BPD HIPMI Jatim periode 2021-2024 ini dilakukan oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming berdasarkan SK BPP HIPMI Nomor 072/KEP/SEK/BPP/10/2021.

Pengurus BPD HIPMI Jatim masa bakti 2021-2024 yang dilantik ini di antaranya Ketua Rois S Maming, Wakil Ketua Umum 1 Ahmad Salim Assegaf, Bendahara Umum Esti Nalurani dan Sekretaris Umum Edra Brahmantya Susilo. Kepengurusan ini merupakan hasil dari Musyawarah Daerah HIPMI Jatim pada 23 Maret 2021 lalu.

Usai Dilantik, HIPMI Jatim Diajak Perangi Kemiskinan Ekstrem



Komentar
Banner
Banner