Tak Berkategori

Hasil Pilpres Amerika Serikat 2020, Trump Susul Biden, Raih 213 Electoral Vote, Hanya Selisih 7 Suara

apahabar.com, JAKARTA – Hasil perhitungan suara elektoral (electoral vote) Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 berlangsung ketat….

Featured-Image
Ilustrasi hasil perhitungan sementara Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AFP/Olivier Douliery/CNN)

bakabar.com, JAKARTA – Hasil perhitungan suara elektoral (electoral vote) Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 berlangsung ketat.

Donald Trump susul perolehan suara Joe Biden. Selisih suara elektoral pasangan Donald Trump-Mike Pence dan Joe Biden-Kamala Harris semakin tipis, sisa 7 suara.

Berdasarkan penghitungan suara hingga pukul 13.40 WIB, Trump mengantongi 213 suara, sementara Biden sebanyak 220 suara. Selisih elektoral vote hanya tinggal 7 suara.

BACA JUGA : Hasil Sementara Pilpres Amerika Serikat 2020, Raih 117 Elektoral Vote, Joe Biden Unggul Atas Donald Trump

Trump mulai mengejar ketertinggalan setelah memenangkan suara mayoritas di Texas sebanyak 38 suara dan Montana dengan tiga suara.

Saat ini pasangan Biden-Harris mendapat 220 suara elektoral, unggul selisih tujuh suara dari Trump-Pence.

Untuk memenangkan Pilpres, salah satunya harus mendapat 270 suara elektoral.

Sebelumnya, Joe Biden meminta pendukungnya sabar menunggu hasil pemilihan. Ini diungkap di Wilmington, Delaware sebagai respon hasil sementara Pilpres.

“Kami merasa sangat baik, kami betul-betul merasa sangat baik. Saya harus memberi tahu kalian, kami percaya ada di jalan yang benar untuk memenangkan pemilu ini,” katanya pada dini hari waktu setempat, sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com.

“Ini bukan tempat saya atau Donald Trump untuk mendeklarasikan siapa yang memenangkan pemilihan. Keputusan itu ada di tangan masyarakat Amerika. Tapi saya optimis dengan hasilnya,” lanjutnya.

img

ilustrasi proses pemungutan suara Pimilihan Presiden Amerika Serikat 2020 (AP/Max Becherer/ CNN)

Tak mau kalah, Trump pun menyampaikan rencana untuk memberikan pernyataan kemenangan malam ini. Lewat cuitannya, ia mengaku optimis akan memenangkan pilpres.

“Kami unggul besar, tapi mereka mencoba mencuri pemilihan ini. Kami tidak akan membiarkan mereka melakukan itu. Suara tidak bisa dihitung sebelum pemilihan ditutup,” ungkapnya dalam cuitan yang disembunyikan Twitter karena dinilai mengandung disinformasi sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com.

Perebutkan 100 Suara Sisa

Dua kandidat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, petahana Donald Trump dan calon Partai Demokrat, Joe Biden, kini hanya tinggal memperebutkan sekitar 100 suara elektoral supaya lolos ke Gedung Putih.

HALAMAN
123
Komentar
Banner
Banner