Tak Berkategori

Naniel Wafat, Ini Asal Muasal Nama Bento Menurut Iwan Fals

apahabar.com, BANJARMASIN – Dunia musik Tanah Air berduka. Naniel Khusnul Yakin yang bersama Iwan Fals menciptakan…

Featured-Image
Swami I. Foto-Liputan6.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Dunia musik Tanah Air berduka. Naniel Khusnul Yakin yang bersama Iwan Fals menciptakan hits legendaris “Bento” meninggal dunia hari ini, Jumat (21/02).

Ucapan duka pun langsung disampaikan Iwan melalui akun Twitternya.

“Selamat jalan Naniel. Semoga mendapat tempat yang layak di sisiNya dan keluarga ikhlas menerimanya. Innalilahi wa innailaihi rojiun,” tulisnya melalui akun @iwanfals seperti dikutip bakabar.com.

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, sejumlah media sempat memberitakan kondisi Naniel yang memprihatinkan. Ia tinggal di rumah kontrakan sempit di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Dalam sejarahnya, lagu Bento yang ditulis Naniel bersama Iwan Fals sukses menjadi hits sepanjang masa Indonesia. Nyaris tak ada orang yang tak mengetahui lagu tersebut.

Lagu bergenre folk rock itu diciptakan Naniel dan Iwan di Condet pada April 1989. Lagu itu kemudian masuk di album Swami I yang dirilis pada tahun yang sama.

Majalah Rolling Stone Indonesia menempatkan Swami I di posisi 8 dari 150 album terbaik sepanjang masa Indonesia. Sementara Bento berada di peringkat 10 dari 150 lagu paling berpengaruh di Indonesia.

Lagu Bento sendiri sempat dianggap sebagai tudingan Iwan Fals kepada Tommy Soeharto. Ada juga yang menduga Bento adalah singkatan dari “Benteng Tomy” dan “Benteng Soeharto”.

Namun, Iwan Fals segera membantah itu. Penyanyi yang mengidolakan Bob Dylan itu justru mengatakan nama Bento diambil dari nama ayam peliharaannya.

“Itu nama ayam saya,” kata Iwan Fals dalam satu wawancara bersama wartawan.

Baca Juga: Mengenang Kurt Cobain, si Bengal yang Tak Menyukai Popularitas

Baca Juga: 6 Hari Dirilis, "Menghapus Jejakmu" Versi BCL Tembus 10 Juta View

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner