Tak Berkategori

Ekspor Sawit Indonesia Turun 77 Persen, Apakah Imbas Korona?

apahabar.com, JAKARTA – Ekspor sawit Indonesia mengalami penurunan hingga 77 persen. Penurunan diduga karena meluasnya wabah virus korona. Menteri…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-okezone.com

bakabar.com, JAKARTA- EksporsawitIndonesia mengalami penurunan hingga 77 persen. Penurunan diduga karena meluasnya wabah virus korona.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuding wabah virus korona yang berkembang dari Wuhan, Hubei, China, mengakibatkan ekspor sawit RI turun. Tercatat, ekspor turun dari 371 ribu ton pada Februari 2019 menjadi hanya 84 ribu ton pada periode yang sama tahun ini.

"Ekspor sawit Januari 2020 yang sebesar 483 ribu, turun lebih jauh lagi," ujarnya dilansir dari KR Jogja.

Namun, pertumbuhan tahun ke (year on year) pada Januari 2020 masih mencatatkan kenaikan, meski tipis, yaitu 3%. Pada Januari 2019, ekspor sawit mencapai 469 ribu ton.

Kementerian Pertanian, kata Syahrul, berupaya mengantisipasi penurunan ekspor hasil pertanian ke China dengan memanfaatkan pasar potensial lainnya.

"Antisipasi penurunan melalui koordinasi dengan eksportir untuk memanfaatkan pasar ekspor alternatif, seperti India, Timur Tengah, dan Rusia," imbuh dia. (okz)

Baca Juga: Jelang Haul, Ratusan Warga Sekumpul Serbu Pasar Murah

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Putra Papua Jadi Bos Freeport Indonesia

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner