Kalsel

Swadaya, Warga BAT Hibahkan Tanah Bangun Polsek

apahabar.com, BARABAI – Memiliki wilayah terluas yakni, 43,97 persen atau hampir setengah dari Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Kapolsek BAS, Iptu Budiyono saat silaturahim dengan Pimpinan Ponpes Hidayatul Amin di Batu Tangga, BAT. Foto-Humas Polres HST.

bakabar.com, BARABAI – Memiliki wilayah terluas yakni, 43,97 persen atau hampir setengah dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), anehnya Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) masih belum memiliki Polsek.

Selama ini, tugas-tugas kepolisan di kecamatan itu dibantu Polsek Batang Alai Selatan (BAS).

Meminjam data di Kecamatan BAT per 2019 semester 1, jumlah penduduk diwilayah itu sebanyak 6992 jiwa dengan luas wilayah 778,74 kilometer kubik.

Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kotabaru dan Balangan.

Dengan angka tersebut, pastinya penting peran Polsek di wilayah itu. Terlebih membantu peran kecamatan dalam hal pengamanan dan pemberdayaan masyatakat.

Kabar gembira datang dari masyarakat di kecamatan yang memiliki 11 desa itu. Polres HST bakal mendapat hibah lahan untuk mendirikan Polsek.

Sekitar 860 meter persegi akan dihibahkan masyarakat kepada Polres HST. Hal ini pun sudah dibahas bersama Camat BAT, Kapolsek BAS dan Danramil BAS serta aparat desa di kantor kecamatan setempat, Kamis (9/1).

Rencananya, lokasi berdirinya Polsek BAT ditempatkan di Desa Batu Tangga. Karena hanya sampai di desa itu ada jaringan telepon.

“Ini inisiatif masyarakat. Karena memang masyarakat menghendaki adanya Polsek. Dananya pun dari swadaya masyarakat untuk membeli tanah dan dihibahkan,” kata Camat BAT, Sahri Ramadhan ditemui bakabar.com di kantornya, Kamis (9/1) pagi.

Sementara itu, Kapolsek BAS, Iptu Budiyono mengatakan untuk pembangunan Polsek, harus jelas lahannya.

“Kami usahakan dapat hibah dulu baru diusulkan ke Mabes Polri untuk pembangunanya,” ujar Budi.

Yang terpenting, lanjut Kapolsek, jika sudah dapat tanah, kelegalitasan tanah itu bisa dipertanggungjawabkan. Harus ada sertifikat baru bisa dibangun Polsek.

“Kita akan usulkan itu setelah semuanya rampung. Intinya harus jelas lahannya. Dan alhamdulillah jika ini terealisasi. Suatu kenang-kenangan lah buat kita,” kata kapolsek yang 2 tahun lagi bakal purnawirawan ini.

Baca Juga:Pemkab Tala Serahkan Hibah Kantor Makodim 1009/Pelaihari

Baca Juga:Hari Ini, Hibah Majelis Taklim di Kotabaru Dipastikan Cair!

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner