Pemkab Barito Kuala

Sukses Terapkan Sistem Resi Gudang, Noormiliyani Diapresiasi Menteri Perdagangan

apahabar.com, MARABAHAN – Meski baru mengoperasikan dua Sistem Resi Gudang (SRG), Pemerintah Kabupaten Barito Kuala sudah…

Featured-Image
Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan atas peran aktif mendorong SRG. Foto-Humpro Setda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Meski baru mengoperasikan dua Sistem Resi Gudang (SRG), Pemerintah Kabupaten Barito Kuala sudah memperoleh penghargaan dari Menteri Perdagangan.

Penghargaan diserahkan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, kepada Bupati Hj Noormiliyani AS di Pendopo Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (05/12).

“SRG berperan penting dalam menjaga harga jual komoditas. Tentu fungsi ini berjalan maksimal, kalau diperkuat Peraturan Daerah (Perda) dan penguatan peran pelaku usaha,” ungkap Agus.

“Kami berterimakasih kepada Bupati Batola yang berperan aktif dalam mengembangkan SRG di daerah dan penggunaan sistem berjalan lancar dengan bukti 0% tunggakan,” imbuhnya.

Pengelolaan SRG di Batola sendiri diserahkan kepada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag).

Tak sekadar menjadi tempat penyimpanan, resi gudang dapat dijaminkan untuk memperoleh pinjaman dari Bank Kalsel dengan plafon kredit 70 persen dari nilai komoditas yang disimpan.

“Kedepan SRG harus dimanfaatkan semua petani. Selain menjaga mutu komoditas, resi gudang dapat dijadikan modal usaha atau kebutuhan mendesak lain,” sahut Noormiliyani.

SRG Batola terletak di Kecamatan Mandastana dan Anjir Muara. SRG Mandastana yang telah berfungsi sejak 2009, berkapasitas 1.000 ton dan telah terisi 408 ton gabah kering giling.

Kemudian mulai 2019, SRG Anjir Muar difungsikan dengan kapasitas 1.500 ton dan telah terisi 15 ton. Selanjutnya Diskopperindag Batola segera memfungsikan SRG baru di Cerbon.

“Kalau petani memanfaatkan SRG, komoditas mereka diasuransikan dari banjir atau serangan tikus,” timpal Surono, Kabid Perdagangan Diskopperindag Batola.

“Andai harga gabah anjlok akibat surplus, komoditas masih dapat disimpan di SRG dan dimanfaatkan untuk memperoleh pinjaman dengan bunga ringan,” tandasnya.

Baca Juga: Masuk Perpusda Batola, Noormiliyani Dampingi Anak-anak Membaca

Baca Juga: Noormiliyani Dukung Pendidikan Inklusif

Baca Juga: Dilepas Tapung Tawar, Bantuan dari Batola Meluncur ke Pulau Sebuku

Baca Juga: Batola Terima Predikat Kepatuhan dari Ombudsman RI

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner