Kalsel

Penetapan KEK di Mekar Putih Kotabaru Masuk Finalisasi

apahabar.com, KOTABARU – Rencana penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Mekar Putih, Kabupaten Kotabaru tak sekadar…

Featured-Image
Siring Laut Kotabaru. Foto-triptoaets.com

bakabar.com, KOTABARU – Rencana penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Mekar Putih, Kabupaten Kotabaru tak sekadar wacana.

Keseriusan itu tergambar jelas karena dalam waktu dekat akan digelar pertemuan oleh pihak terkait dengan agenda rapat finalisasi percepatan penetapan KEK Mekar Putih.

H Said Akhmad, Sekda Kotabaru mengatakan, tahapan penetapan KEK di Mekar Putih sudah memasuki finalisasi.

“Jadi, terkait hal ini, tanggal 23 Desember 2019 akan dilaksanakan rapat percepatan penetapan. Rapat ini akan dihadiri semua pihak terkait,” ujar Sekda, Rabu (18/12).

img

Sekda Kotabaru, Drs H Said Akhmad MM. Foto- bakabar.com/Masduki

Said Akhmad menyebutkan, setelah rapat finalisasi, selanjutnya KEK akan ditetapkan Dewan KEK Nasional, dan secara resminya akan ditandatangani Presiden RI.

“Intinya, tahapan itu sudah memasuki tahap akhir. Rapat final, penetapan Dewan KEK, dan secara resmi tinggal prosesi tandatangan Presiden,” terang Sekda Kotabaru.

Menurutnya, setelah resmi KEK Mekar Putih ditetapkan Presiden RI, maka semua regulasi, termasuk aturan investasi akan diambilalih Dewan KEK.

“Kalau sudah resmi nanti, aturan tidak lagi melalui Pemda Kotabaru. Semua Dewan KEK yang mengaturnya. Termasuk siapa, dan apa saja investasi yang akan masuk di kawasan itu semua melalui Dewan KEK Nasional,” kata dia.

Tentu menjadi keuntungan bagi Pemkab Kotabaru, sambungnya lagi, setelah ditetapkannya KEK Mekar Putih secara otomatis infrastruktur akan terbangun signifikan.

“Yang jelas. Daerah kita akan lebih maju. KEK akan menyerap banyak tenaga kerja lokal, pendapatan dari bagi hasil meningkat, perputaran ekonomi di Kotabaru dipastikan juga meningkat,” pungkasnya menutup.

Sekedar diketahui, KEK Mekar Putih wilayahnya meliputi dua kecamatan di Kotabaru. Diantaranya, Kecamatan Pulau Laut Barat, dan Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Baca Juga:Walau Kecolongan Pungut Retribusi, Pariwisata di Kotabaru Melejit Naik

Baca Juga:Bupati Kotabaru Terima LHP dari BPK RI Perwakilan Kalsel

Reporter: Ahc20Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner