Pemkab Barito Kuala

Bidan Dominasi Jabatan Fungsional Tertentu di Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Menjelang pergantian tahun, 153 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam lingkup Pemkab Barito Kuala…

Featured-Image
153 PNS Barito Kuala mengikuti prosesi pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). Foto-Humpro Setda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Menjelang pergantian tahun, 153 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam lingkup Pemkab Barito Kuala dilantik menjadi Pejabat Fungsional Tertentu (JFT).

Pelantikan dilakukan Penjabat Sekretaris Daerah Batola, Abdul Manaf, di Aula Selidah Marabahan, Rabu (18/12).

Dari 153 orang yang dilantik, bidan pelaksana memiliki jumlah terbanyak hingga 61 orang, disusul Polisi Pamong Praja (Pol PP) pelaksana 31 orang dan auditor muda 8 orang.

Sementara jabatan yang paling sedikit adalah dokter gigi muda, dokter gigi pertama, asisten apoteker pelaksana, dan pengawas pemerintahan muda masing-masing 1 orang.

“Setelah pelantikan ini, diharapkan seluruh aparatur mampu menunjukkan prestasi kerja sesuai tugas, fungsi, wewenang dan tanggungjawab,” demikian pesan Bupati Hj Noormiliyani AS yang dibacakan Manaf.

JFT sendiri menjadi pilihan yang cukup sulit, mengingat semua pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mandiri.

Itu termasuk kenaikan pangkat yang juga ditentukan secara mandiri melalui angka kredit, baik JFT kategori keterampilan maupun JFT kategori keahlian.

Bahkan sebelum dilantik, seorang PNS yang mengambil karir JFT harus mengikuti dan lulus Pendidikan dan Latihan (Diklat) Fungsional.

Sistem tersebut berbeda dengan Jabatan Fungsional Umum (JFU). Meski sama-sama ditempatkan berdasarkan keterampilan tertentu, kenaikan pangkat JFU tidak disyaratkan dengan angka kredit.

Kendati lebih sulit, terdapat beberapa keuntungan PNS dengan JFT. Di antaranya mendapat tunjangan fungsional yang lebih besar, peluang memperoleh kepangkatan lebih tinggi, serta kenaikan pangkat/golongan lebih cepat.

Baca Juga:Soal Seragam Non ASN, Noormiliyani Memegang Setara

Baca Juga:DPRD Batola Rampungkan Dua Raperda

Baca Juga: Batola Kembali Terima Penghargaan Peduli HAM

Baca Juga: BPN Batola Ditantang Amankan Ribuan Aset

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner