Dishut Kalsel

Evaluasi Karhutla, Penanganan di Balangan Terkendala Akses dan Ketersediaan Air

apahabar.com, PARINGIN – Tim Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan menyambangi Kantor KPH Balangan…

Featured-Image
Tim Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Kalsel menyambangi Kantor KPH Balangan untuk melakukan koordinasi terkait penanganan karhutla di Bumi Sanggam. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Tim Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan menyambangi Kantor KPH Balangan untuk melakukan koordinasi terkait penanganan karhutla di Bumi Sanggam.

Ada beberapa poin yang dibicarakan terkait keberadaan personil satgas dari BNPB dan besaran luasan wilayah terkena dampak karhutla.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari BPBD Balangan, tak ada petugas satgas dari BNPB yang ditempatkan di wilayah Balangan.

Sementara itu, Ketua KPH Balangan Patliansyah, menjelaskan berdasarkan keterangan BPBD, standar operasional prosedur (SOP) penanganan karhutla di Balangan akan disusun tahun ini.

"Luasan penanganan karhutla oleh KPH Balangan seluas kurang lebih 50 hektar,” ucap Patliansyah, Jumat (11/10) pagi.

Ia menambahkan dalam penanganan karhutla petugas seringkali terkendala masalah akses jalan menuju titik api.

Ditambah minimnya sumber air di lokasi karhutla, sehingga petugas secara spontan melakukan improvisasi dalam hal penanganan. Contohnya sistem blocking fire yang dilakukan petugas beberapa waktu lalu merupakan hasil improvisasi di lapangan.

“Petugas disebar ke beberapa sudut untuk melakukan sistem blocking fire guna meminimalisir api tidak merambat lebih luas,” tandasnya.

Baca Juga: Terkepung Asap Karhutla, 5 Pelajar SMKS Tunas Bangsa Sempat Pingsan

Baca Juga: Karhutla Masih Terjadi di Tanah Laut

Baca Juga: Karhutla Marak 'di Desa', PMD Kalsel Agendakan Rakor untuk Penanganan

Reporter: Muhammad Robby
Editor : Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner