Sport

Ridho Bawa Tanbu Juara Umum Kejurprov Balap Sepeda

apahabar.com, KOTABARU – Tiga medali berhasil direbut Rizaldi A Ridho di ajang kejuaraan provinsi (Kejurprov) balap…

Featured-Image
Penyerahan medali kepada juara Kejurprov Balap Sepeda Kalsel 2019. Foto-antara

bakabar.com, KOTABARU – Tiga medali berhasil direbut Rizaldi A Ridho di ajang kejuaraan provinsi (Kejurprov) balap sepeda Kalsel 2019.

Raihan itu membawa Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) jadi juara umum dalam perhelatan yang berlangsung di Kotabaru, 20-21 September tadi.

Meski demikian, kontingen balap sepada Tanbu sebenarnya mematok empat medali. Namun sayang, raihan di nomor team relay gagal direbut.

“Sebenarnya di nomor team relay targetnya juga dapat medali. Tapi sayang ada trouble waktu pertandingan,” ujar Ridho dikutip bakabar.com dari Antara, Selasa (24/9).

Ada pun tiga emas yang dipersembahkan mahasiswa STIKIP Paris Barantai Kotabaru ini yakni dua medali emas di nomor ITT (Individual Time Trial) dan MTB XCO putra, serta satu medali perunggu di nomor IRR (Individual Road Racing).

Ridho sendiri merupakan pembalap MTB terbaik Banua. Ia telah mendapat tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

Di sisi lain, tim tuan rumah harus puas di peringkat kedua dengan dua medali emas.

Satu emas di nomor MTB XCO putri disumbang Yunia A Syahdat, yang juga akan mewakili Kalsel di PON nanti.

Sementara emas lainnya di nomor team relay yang diperkuat Sandi Muhammad-Yunia A Syahdat- M Tajudin Noor.

Sementara itu, Kabupaten Banjar menyusul di peringkat ketiga dengan masing-masing satu emas dan perunggu.

Emas itu dipersembahkan Said Akhmad Muhajir di nomor IRR. Kemenangannya di nomor paling bergengsi ini merupakan sebuah kejutan karena sebelumnya ia tak diunggulkan.

Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kalsel, H Juhdi berharap sukses Said memicu pembalap lain menoreh prestasi.

“IRR ini nomor paling bergengsi dan pendatang baru yang juara, kita sangat bersyukur. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi daerah lain yang belum bisa naik podium,” kata H Zuhdi.

Meski Kejurprov kali ini diikuti 9 kab/kota di Kalsel, namun peserta dari Banjarmasin, Banjar, Tanah Bumbu dan Kotabaru masih mendominasi.

Total peserta yang ambil bagian di ajang ini berjumlah 156 atlet. Zuhdi melihat gelagat kebangkitan atlet balap sepeda dari Hulu Sungai. “Dulu mereka yang merajai, sekarang sepertinya mulai bangkit lagi,” katanya.

Ini merupakan kali pertama kejurprov balap sepeda digelar di Bumi Saijaan.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan ISSI Kalsel untuk menjadi tuan rumah.

“Selain meningkatkan pembinaan atlet, kegiatan ini juga untuk memasyarakatkan olahraga khususnya balap sepeda,” timpal Sayed Jafar.

Kejuaraan ini pun sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan memperkenalkan daerah terutama di bidang kepariwisataan.

Baca Juga: 52 Tim Berebut Adaro Cup Volleyball 2019 di Balangan

Baca Juga: Pembenahan Lapangan Kayu Tangi Setelah Dua Pekan Berjalan

Sumber: Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner