Kalteng

Mahasiswa, Pelajar dan Santri Ikut Keroyok Karhutla

apahabar.com, PANGKALAN BUN – Sejumlah mahasiswa, pelajar dan santri bahu membahu bersama personel Polres Kobar memadamkan…

Featured-Image
Pelajar ikut membantu melakukan pemadaman di titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Foto-Istimewa

bakabar.com, PANGKALAN BUN – Sejumlah mahasiswa, pelajar dan santri bahu membahu bersama personel Polres Kobar memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jalan Pangkalan Bun - Kolam KM 30, Jumat (27/9/2019) sekitar Pukul 08.00 WIB.

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain S, SIK, M.Si melalui Kabagops AKP Boni Ariefianto yang memimpin langsung kegiatan pemadaman kebakaran mengatakan,untuk pemadaman baru difokuskan satu titik di KM 30.

"Dalam giat pemadaman kami melibatkan adik-adik dari mahasiswa dan pelajar serta santri. Itu dilakukan agar mereka mengetahui kondisi yang ada di lapangan hingga menyebabkan kabut asap berkepanjangan," kata Boni kepada sejumlah awak media.

Selain itu, kata Boni, dalam kegiatan pemadaman yang melibatkan mahasiswa dan pelajar ini sekaligus untuk melatih kemampuan terhadap para pemuda di Kabupaten Kobar, khususnya dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Sebelum mereka diterjunkan, lanjut Boni, mereka diberi dulu pemahaman dan arahan, khususnya pengenalan dan cara menggunakan peralatan pemadam api.

"Termasuk cara ketika masuk medan lokasi kebakaran yang lokasinya kebanyakan jauh dan masuk ksemak-semak belukar, juga cara menjaga keselamatan," ujar Boni.

Selesai kegiatan pemadaman, mereka tidak langsung pulang, tapi cek kesehatannya dan kondisi fisiknya. "Karena berangkat sehat pulang juga harus sehat," pungkas Boni.

Baca Juga: Kapolres Umumkan 12 Tersangka Penyebab Karhutla di Kobar

Baca Juga: 760 Hektar 'Lahannya' Terbakar, Pengelola TNTP Selalu Dirundung Cemas

Reporter: AHC16
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner