Nasional

Lewat Youtube, Presiden Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari Ini

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan lokasi persis ibu kota negara yang baru…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait melihat peta kawasan salah satu lokasi calon ibu kota negara saat peninjauan di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019). Foto – Antara/Akbar Nugroho Gumay

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan lokasi persis ibu kota negara yang baru di Pulau Kalimantan siang nanti.Pengumuman itu disampaikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Kepastian tersebut seperti dilansir CNBC Indonesia, disampaikan melalui akun Youtube resmi Sekretariat Presiden, yang diunggah pada Senin berjudul “Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru”.

Dalam video berdurasi sekitar 1 menit tersebut, disebutkan bahwa pengumuman lokasi ibu kota baru akan disiarkan secara langsung pada hari ini secarastreaming.

Video tersebut berisi cuplikan pidato Jokowi yang meminta izin kepada parlemen untuk memindahkan Ibu Kota saat menyampaikan nota keuangan dan RAPBN 2020 pada Jumat (16/8/2019).

“Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan,” demikian cuplikan video tersebut.

Jokowi memastikan memang Kalimantan akan menjadi Ibu Kota baru menggantikan DKI Jakarta. Namun, Kepala Negara masih menutup rapat-rapat lokasi persis Ibu Kota baru.

Akhir pekan lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memang sempat menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta.

Bambang mengaku telah menyerahkan hasil kajian akhir pemindahan Ibu Kota. Presiden, kata dia, yang akan mengumumkan sendiri lokasi persis Ibu Kota baru.

Dikutip dari Detikcom, dapat diketahui, Presiden Jokowi pernah bilang bahwa calon ibu kota negara yang baru ada tiga provinsi, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Namun, belakangan ini Kalimatan Timur menjadi calon terkuat setelah Menteri ATR Sofyan Djalil menyebut ibu kota negara akan dipindah ke Kalimantan Timur. Namun, setelah menyebutkan hal itu dirinya langsung meralat dan bilang bahwa Kalimantan Timur sebagai alternatif.

Sebelumnya, lokasi ibu kota baru negara Republik Indonesia diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR Sofyan Djalil saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019).

“Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum,” katanya.

Baca Juga: Jika Kaltim Dipilih, Tiga Kawasan Diprediksi Jadi Ibu Kota

Baca Juga: Kaltim Siapkan Lahan Khusus, Antisipasi Urbanisasi Jika Jadi Ibu Kota

Baca Juga: Kaltim Jadi Ibu Kota RI, Menteri Sofyan Koreksi Pernyataan

Baca Juga: Jokowi Bantah Menteri Sofyan, Kaltim Belum Pasti Jadi Ibu Kota

Baca Juga: Kaltim Jadi Ibu Kota RI, Intip Harapan Masyarakat Adat Dayak

Baca Juga: Menteri Sofyan Keceplosan, Sebut Kaltim Jadi Ibu Kota Baru RI

Baca Juga: Jika Kaltim Jadi Ibu Kota, Tak Ada Ruang untuk Tuan Thakur

Sumber: CNBC Indonesia/Detikcom
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner