Tak Berkategori

Lima Fakta Menarik ‘Koboy Kampus’, Film Nostalgia Kampus Era 90-an

apahabar.com, JAKARTA – Film Koboy Kampus: Understanding the Panasdalam siap tayang pada 25 Juli 2019 mendatang….

Featured-Image
Para pemeran ‘Koboy Kampus’, film nostalgia kampus era 90-an. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Film Koboy Kampus: Understanding the Panasdalam siap tayang pada 25 Juli 2019 mendatang.

Film yang diproduksi 69 Production dan MNC Pictures ini bercerita tentang perjalanan band The Panasdalam yang dibentuk Pidi Baiq pada 1995.

Baca Juga: Danilla Ngaku Canggung Main di 'Koboy Kampus'

Bukan hanya sebagai band, tapi juga sebagai negara bernama Negara Kesatuan The Panasdalam. Film ini disutradarai Pidi langsung, dan Tubagus Deddy.

Gaet ‘Urang Banua’

Film layar lebar berjudul Koboy Kampus Understanding The Panas Dalam ini digarap oleh kerjasama dua rumah produksi, yakni Enam Sembilan Production dan Bianglala Entertainment.

Romansa kehidupan mahasiswa era 1995 sampai 1998 akan hadir lagi dalam film bergenre komedi romantis ini.

Menurut Eksekutif Produser Film Koboy Kampus Rois Sunandar Maming, masyarakat Kalsel diberikan kesempatan untuk tampil di layar bioskop nasional agar potensi serta khasanah budaya dan wisata daerah dapat terangkat.

Dalam skenarionya itu tokoh utama Pidi Baiq dan kawan-kawan juga terlibat pergaulan dengan mahasiswa dari beragam daerah, salah satunya dari Kalimantan.

Diangkat dari kisah nyata

Pidi Baiq punya cerita menarik saat mengenyam pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) di era 90-an. Salah satu cerita menarik Pidi adalah tentang koboy kampus. Sekarang kenangan Pidi tersebut direalisasikan dalam film berjudul sama.

Menceritakan sejarah negara ThePanasdalam

Saat itu, Pidi dan teman-temannya mendirikan sebuah negara yang dinamakannya Negara Kesatuan Republik The Panasdalam, sebuah negara seukuran ruang studio di kampusnya.

Menurut aktor Bisma Karisma yang berperan sebagai presiden 'negara' ini, menjadi presiden ternyata susah juga. Bahkan ia mengakui menjadi lebih menghargai Presiden Joko Widodo sejak bermain dalam film ini.
"Begitu ada tawaran ini jadi presiden ya kapan lagi walaupun cuma 14 orang tapi ternyata saya tahu mengurus manusia itu susah,” kata Bisma, dalam press conference di Jakarta Selatan, kemarin.

Tak hanya bercerita tentang romansa kampus

Dilihat dari judulnya saja sudah jelas kalau film ini mengangkat cerita kampus. Namun, jika film Pidi sebelumnya sangat sarat dengan tema cinta, di film Koboy Kampus tema yang diangkat juga tentang perjuangan.

"Kampusmu adalah kampusmu, tetap yang terbaik. Orang-orang harus tahu. Semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan". Itu adalah quotes dari Pidi Baiq yang menggambarkan kisah film ini.

Menghadirkan lagu-lagu The Panasdalam

Rasanya wajar jika film yang bercerita tentang kisah nyata band The Panasdalam ini juga dipenuhi lagu-lagu band tersebut. Para pemerannya, seperti Jason Ranti yang berperan sebagai Pidi Baiq juga berakting sekaligus bernyanyi.

Jason mengaku pada awalnya sangat berat bernyanyi sambil berakting, tapi lama-lama hal tersebut bisa dilakukannya dengan lancar.

Film kerjasama 69 Production dengan MNC Pictures ini dibintangi oleh Jason Ranti, Bisma Karisma, Ricky Harun, David John Schaap, Miqdad Addausy, Steffi Zamora, Vienny JKT48, Christina Colodam, Danilla Riyadi, Jennifer Lepas dan Anfa Safitri.

Baca Juga: Butuh Riset Enam Tahun Demi 'Koboy Kampus'

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner