Tak Berkategori

Demi Kelancaran Lalu Lintas, Polisi Rela Kehujanan

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan lebat sepekan terakhir yang membasahi wilayah Kalimantan Selatan, bisa menimbulkan genangan air…

Featured-Image
Aksi anggota Satuan lalu lintas Polres Banjar yang mengatur lalu lintas saat hujan deras. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Hujan lebat sepekan terakhir yang membasahi wilayah Kalimantan Selatan, bisa menimbulkan genangan air yang cukup tinggi di beberapa ruas jalan. Genangan air tersebut tentu akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Selain itu, pengendara pun akan kesulitan menentukan mana jalan yang layak dilalui mana pula yang tidak. Apalagi jika si pengendara tidak mengenal kondisi jalan yang dilintasinya itu.

Oleh karenanya, anggota jajaran Ditlantas Polda Kalsel selalu aktif turun ke jalan, mengatur arus lalu lintas di tengah genangan air. Mereka tidak lagi memandang turunnya hujan, yang penting masyarakat merasa aman dan nyaman. Terutama bagi para pemudik tahun ini yang melintas pada sejumlah ruas jalan di wilayah Kalimantan Selatan.

“Kita tetap menertibkan arus lalu lintas meskipun hujan. Ini merupakan bukti siap siaga kami dalam melayani masyarakat terutama di saat jam sibuk atau rawan,” kata Kasat Lantas Polres Banjar AKP Indra Agung Perdana Putra SIK kepada bakabar.com.

Menurut AKP Indra Agung, titik rawan macet yang menjadi atensi pihaknya berada di kawasan Astambul dan Martapura Kota karena perpadatan dari Wilayah Banjarbaru Q mall yang antri masuk ke dalam pusat perbelanjaan modern itu.

“Intinya kami tetap melayani masyarakat dengan baik. Karena, dalam kondisi hujan, jalan akan mudah digenangi air sehingga dapat menimbulkan kerawanan terutama di beberapa titik rawan macet di wilayah hukum kita,” tuturnya.

Hal yang sama dikatakan Kasat Lantas Polres Barito Kuala, AKP Didik Suhartanto. Menurutnya, kondisi cuaca tidak akan menghalangi kewajiban seorang polisi lalu lintas yang berada di lapangan. Baik panas maupun hujan, polisi memiliki kewajiban untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas, serta untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif walaupun pada saat itu personil kami kehujanan di lapangan," sebut polisi asal Demak, Jawa Tengah itu.

Baca Juga:Mudik 2019 Lancar, Masyarakat Banua Apresiasi Kinerja Polisi

Baca Juga:Arus Balik, Polisi Paringin Pantau Distribusi BBM

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner