Kalsel

Alokasi Anggaran Stadion 17 Mei ‘Bermasalah’, Kadispora Kalsel Bungkam

apahabar.com, BANJARMASIN – Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin terancam molor. Sebab alokasi anggaran ‘bermasalah’. Pada usulan,…

Featured-Image
Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin terancam molor. Foto-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin terancam molor. Sebab alokasi anggaran 'bermasalah'.

Pada usulan, anggaran untuk stadion sepakbola kebanggaan masyarakat Banjarmasin ini menyedot anggaran Rp13 miliar. Rinciannya, Rp10 miliar untuk renovasi, dan Rp3 miliar buat pengadaan genset berikut tempatnya.

Mendadak alokasi anggaran tersebut berubah. Pada murni APBD 2019 terekam alokasi Rp13 miliar seluruhnya bakal dimanfaatkan sepenuhnya untuk renovasi.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Komisi IV DPRD Kalsel langsung menggelar rapat tertutup dengan Dinas Pemuda olahraga (Dispora) Kalsel dan juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalsel. Di ruang Komisi IV lantai 4 DPRD Kalsel mereka membahas persoalan anggaran bisa mengancam renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Usai rapat dengan komisi terkait, Rabu (26/6) hingga menjelang petang, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) Provinsi Kalsel, Hermansyah memilih bungkam. Ia menolak diwancari wartawan.

Cukup keterangan Sekda Kalsel, H Abdul Haris Makkie saja,” kata Hermansyah.

Kepada wartawan, Sekda Kalsel pun memberi jawaban gamang. Ia menyatakan soal perubahan alokasi anggaran itu akan segera dikonsultasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Itu yang kita bicarakan tadi, ada perbedaan pandangan terhadap kaidah-kaidah dalam penyusunan anggaran. Makanya hal ini akan dikonsultasikan ke Kemendagri," ujar Haris.

Ditanya, apakah anggaran Rp13 miliar hanya untuk infrastruktur, tidak berikut genset? Sekda enggan berkomentar.

“Sebetulnya kita telah mengikuti alur-alur. Tidak ada menambah angka atau mengurangi angka,” ungkapnya sambil berlalu meninggalkan wartawan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Lutfi Saifuddin mengaku, pihaknya hanya khawatir akan berdampak pada hukum jika ketidaksamaan pandangan. "Makanya masalah ini akan kami konsultasikan bersama Dispora Kalsel ke Kemendagri," katanya.

Pihaknya akan segera berangkat ke Jakarta membawa hal itu ke Kemendagri."Mungkin 1 ata2 hari ini akan kami konsultasikan ke Kemendagri," ungkap politisi Partai Gerindera ini.

Baca Juga: Renovasi Stadion 17 Mei Masuk Teknis Pelaksanaan

Baca Juga: Setiap Bertemu Paman Birin, Hasnur Selalu Utarakan Keinginan Barito Kelola Stadion 17 Mei

Baca Juga: Gerah, Dispora Undang Suporter Barito, Tegaskan Pemprov Kalsel Serius Benahi Stadion 17 Mei

Rerporter: Rizal Khalqi
Editor : Syarif



Komentar
Banner
Banner