Kalteng

Pemprov Kalteng Janji Naikkan Gaji Guru Honor

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Kabar gembira bagi guru honorer tingkat SMA sederajat di Kalimantan Tengah (Kalteng)….

Featured-Image
Rumah dinas guru SDN-1 Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng tidak layak huni karena kondisinya rusak dan hampir roboh. Belum ada upaya perbaikan dari pemerintah daerah. Foto-Antara

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Kabar gembira bagi guru honorer tingkat SMA sederajat di Kalimantan Tengah (Kalteng). Pemerintah setempat akan menaikkan gaji mereka.

Hanya saja, kenaikan itu baru akan terealisasi pada 2020 mendatang. “Rencana kenaikan gaji guru honorer ini sebagai komitmen dari pemerintah provinsi untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Kalteng,” kata Sugianto di Palangka Raya, seperti dikutip dari Antara, awal pekan ini.

Baca Juga: Disnakertrans: Perusahaan di Kalteng Wajib Bayar THR Karyawan Paling Lambat H-7 Lebaran

Ia menepis jika kebijakan itu bukanlah untuk kepentingan politik menghadapi pemilihan gubernur. Melainkan karena kondisi keuangan atau anggaran daerah baru memungkinkan pada tahun tersebut.

Gaji tersebut nantinya jadi kewenangan dari pemprov, direncanakan setara dengan upah minimum provinsi (UMP).

“Tahun 2016 saya baru jadi Gubernur dan tidak mungkin langsung menaikannya. Kemudian dari tahun ke tahun anggaran daerah mulai mengalami peningkatan, hingga diharapkan pada 2020 bisa direalisasikan secara bertahap,” jelasnya.

Ia pun optimistis rencana kenaikan gaji guru honorer SMA sederajat bisa direalisasikan pada tahun 2020. Hal itu berdasarkan kenaikan anggaran dari tahun ke tahun dan porsi antara belanja langsung dan belanja tidak langsung yang menunjukkan kestabilan.

“Setiap keputusan harus melalui perhitungan matang, kami tidak ingin begitu diputuskan, ujung-ujungnya memberatkan anggaran dan mengganggu pelayanan publik,” terang Sugianto.

Selain upaya meningkatkan kesejahteraan guru honorer, hal ini dilakukan juga untuk memajukan dunia pendidikan di Kalteng.
Sebab jika tenaga pendidiknya sejahtera, tentu kualitas belajar dan mengajar di sekolah pun akan lebih maksimal.

Pihaknya pun meminta kepada semua guru yang ada di Kalteng, baik di wilayah perkotaan maupun pelosok perdesaan, untuk berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Baca Juga: Guru di Sukabumi Dituduh Perekam Video Ancaman, Ini Faktanya

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner