Tak Berkategori

Mahalnya Tiket Pesawat, Penumpang Beralih Gunakan Kapal Laut

apahabar.com, BANJARMASIN – Melambungnya harga tiket pesawat, membuat sebagian orang beralih memanfaatkan jasa kapal laut. CEO…

Featured-Image
Penumpang manfaatkan jasa kapal laut. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Melambungnya harga tiket pesawat, membuat sebagian orang beralih memanfaatkan jasa kapal laut.

CEO PT Pelindo III (Persero) Regional Kalimantan, Boy Robiyanto mengakui kalau penumpang angkutan laut meningkat 5-10 persen.

“Ini imbas dari malahnya tiket pesawat, angkutan laut pun meningkat. Kemarin aja saya mau ke Jakarta tiketnya dapat Rp1,9 juta,” katanya.

Walau dia lupa berapa jumlah pasti peningkatan tersebut, diperkirakan angka akan meningkat Ramadan tahun ini.

Untuk tarif kapal di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kata Boy, tak bakal ada kenaikan. Walau pun jumlah penumpang bakalan meningkat.

“Perintah kementerian, angkutan kapal kita tidak bakal ada kenaikan tiket. Tapi saya tidak thau dengan operator kapal lain, bisa jadi ada kenaikan harga tiket," ujarnya.

Jalur yang paling dituju, terang Boy, Surabaya dan Semarang.

Menjelang lebaran Pelindo III, ujarnya, membuka kesempatan mudik gratis. Melalui Web sitemudik.pelindo.co.idpemudik bisa mendaftarkan diri dan mendapatkan tiket dengan cuma-cuma.

“Kita juga buka program mudik gratis, pendaftaran di buka dari 15 April kemaren,” katanya. Pendaftaran mudik ini akan dibuka hingga pertengan Ramadan.

Sementara Branch Manager Lion Air Kalselteng, Agung Purnama mengemukakan, walau harga tiket naik, trafik pemesanan tiket pesawat tahun ini cenderung meningkat.

"Secara total kita tidak bisa bandingkan dengan tahun sebelumnya, karena belum melewati. Tapi secara trafik ada peningkatan," ujarnya, padabakabar.com.

Masyarakat enggan membeli tiket dengan harga yang lebih tinggi, banyak memesan tiket lebih awal.

Sementara Mungiman mengaku akan pulang lebih awal. Alasannya karena khawatir harga tiket pesawat akan lebih mahal jika menjelang lebaran.

“Takut makin mahal, ini aja sengaja terbang ke Surabaya dulu, soalnya lebih murah. Kemarin cek penerbangan ke Jakarta ternyata hampir Rp2 juta,” katanya, Jumat, (3/5).

Tiap kali mudik, Mugiman selalu mengambil penerbangan dari Banjarmasin ke Jakarta. Itu karena jarak Jakarta ke kampung halamannya di Pamarican, Jawa Barat lebih dekat dibanding dari Surabaya.

Untuk penerbangan kali ini, Mugiman akan berangkat tanggal 13 Mei 2019. Dia mendapat tiket seharga Rp844 ribu. Harga ini jauh lebih murah dibanding penerbangan ke Jakarta yang yakni menginjak angka Rp1,2 juta.

Baca Juga: Kuatir Mahal, Pesanan Tiket Pesawat di Kalsel Meningkat

Baca Juga: Tarif Tiket Pesawat hingga Minimnya Tempat Wisata Picu Kurangnya Wisatawan ke Banjarmasin

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Jadi Atensi di Kaltara

Baca Juga: Terjaring Razia, PSK Lawan Satpol PP dengan Silet

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner