Tak Berkategori

TPA Banjarbakula Mulai Beroperasi, Banjarbaru dan Tanah Laut Sudah Setor Sampah

apahabar.com,  BANJARBARU – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Regional Banjarbakula awal April 2019 ini mulai beroperasi….

Featured-Image
TPA Regional Banjarbakula di Gunung Kupang Cempaka Banjarbaru mulai beroperasi awal April 2019 ini. TPA ini mampu menampung 275 ton sampah setiap harinya. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

bakabar.com, BANJARBARU – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Regional Banjarbakula awal April 2019 ini mulai beroperasi.

TPA yang berada di Gunung Kupang Cempaka Kota Banjarbaru ini dipastikan dapat menampung ratusan ton sampah di lima kKabupaten dan kota, mulai dari Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

“Sudah mulai beroperasi dan dapat digunakan, sejak Senin (1/4) lalu. Saat ini yang sudah mengirim sampah ke TPA Banjarbakula ini baru Kota Banjarbaru 105 ton dan Tanah Laut 12 Ton. Untuk Batola Informasinya Jumat (5/4) besok, Banjarmasin baru bisa hari Sabtu (6/4) lusa. Sedangkan Kabupaten Banjar belum ada informasi,” ungkapnya kepadabakabar.comKamis (4/4) sore.

Dia menjelaskan, peresmian TPA Banjarbakula ini memang belum secara resmi. Dimana nantinya akan diresmikan oleh pihak dari Kementerian Lingkungan Hidup RI langsung.

Baca Juga: Fokus Diversifikasi Pangan, Masyarakat Kalsel Diminta Kurangi Konsumsi Beras

“Nantinya truk angkutan yang akan mengangkut sampah dipastikan pada malam hari sudah siaga. Kalau yang dari Banjarmasin dan Kabupaten Batola akan melalui Jalan Trikora. Sisanya seperti Tala, Banjarbaru dan Banjar lewat jalan utama,” ungkapnya.

Tapi menurut ikhlas, saat ini pihaknya belum maksimal dalam pengelolaan dalam TPA. Pasalnya alat berat seperti ekscavator dan Dozer yang dijanjikan Ke LH RI, belum juga kunjung datang.

“Saat ini kami pinjam ekscavator dari Dinas Pertanian Provinsi Kalsel, kalau untuk Dozer kami pinjam dari Kota Banjarbaru. Untuk meratakan sampah disana,” jelasnya.

Die menerangkan, kapasitas TPA Regional Banjarbakula ini bisa menampung sampah sebanyak 275 Ton perharinya.

Dimana sesuai dengan perjanjian kerjasama Gubernur Kalsel dengan Bupati dan Wali Kota di Banjarbakula. Kota Banjarmasin lah yang dapat jatah paling banyak, yaitu 100 Ton sampah per hari. Mengingat TPA Basirih saat ingin kondisinya sudah cukup penuh penuh.

Untuk petugas di TPA Banjarbakula ini, pihaknya menyiagakan 20 orang petugas. Dimana setiap harinya disiapkan bertugas, dalam pengelolaan sampah ditempat tersebut.

Perlu diketahui, TPA Regional Banjarbakula ini menghabiskan dana sekitar Rp150 miliar di lahan 17 hektare. Dimana daya tampung mencapai 275 ton sampah per harinya.

Lokasinya berada di Gunung Kupang Kecamatan Cempaka, sekitar 11 Kilometer dari pusat Kota Banjarbaru. penguraian sampah di TPA Regional ini, menggunakan Sanitari Landfield. Selain itu didalamnya juga ada jembatan timbang dan pengolahan limbah.

Baca Juga: Angkasa Pura-Lanud Syamsudin Noor Teken MoU Perketat Pengamanan Bandara

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner