Tak Berkategori

Polres Banjar Siap Amankan Pemilu 2019  

apahabar.com, BANJARMASIN – Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 melibatkan sekitar 781 personel gabungan…

Featured-Image
Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 digelar Polres Banjar. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 melibatkan sekitar 781 personel gabungan dari personel Polres Banjar, BKO Polda Kalsel, dan unsur TNI. Selain itu, 3.366 anggota Linmas turut dilibatkan, Senin (15/4).

Apel mulai digelar pukul 07.00 wita di Jalan Ahmad Yani KM 38, Martapura. Bertindak langsung sebagai inspektur dalam apel tersebut yakni Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H, bersama Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, yang diwakili oleh Kasdim.

Baca Juga: Untuk Warga Kalsel, Berikut Tata Cara Mencoblos Saat 17 April

Turut hadir dalam pelaksanaan apel tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fazeri Tamjidillah, Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial, Pamen Polda Kalsel/Pendamping Pers BKO Polda Kalsel, Pejabat Utama Polres Banjar, TNI Kodim 1006/Martapura serta sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya dari beberapa instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H didampingi Kasdim 1006/Martapura membacakan langsung amanat serentak Apel Gelar Pasukan Kesiapan TNI-Polri Dan Komponen Bangsa Lainnya Dalam Mengamankan Pemilu Serentak Tahun 2019 dari Menkopolhukam Wiranto.

Kasubbag Humas Polres Banjar Iptu Suwarji, mengatakan ratusan personel itu akan disebar di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah hukum Polres Banjar.

Baca Juga: Soal Ribuan Narapidana Terancam Gagal Nyoblos, Pengamat: Ini Hak Konstitusional

“Pasukan akan menjaga keamanan dan melayani masyarakat di 1684 TPS yang tersebar di empat kecamatan se-Kota Banjar atau 25 desa kelurahan se-Kota Banjar. Jangan takut ke TPS kami siap mengamankan ,” ungkap Iptu Suwarji.

Ia menerangkan juga, selain keamanan, money politik juga merupakan bagian dari tugas kepolisian dan mengingat sudah bergabung dengan gakkumdu.

Satgas penegakan hukum itu akan melakukan upaya proses hukum apabila ditemukan politik uang, terutama pada masa tenang ini.

“Operasi ini berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 15 sampai dengan 18 April 2019,” ujar Suwarji.

Baca Juga: Suhu Minus 5 derajat Celsius, Ratusan WNI di Helsinki Rayakan Pemilu 2019

Pihaknya juga mengimbau seluruh warga Kabupaten Banjar yang sudah memiliki hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 17 April mendatang mencoblos kertas suara sesuai dengan pilihannya.

"Kami Menghimbau gunakan Hak Suara Anda untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Serta Memilih anggota Legislatif, Jangan Sampai Anda Tidak Memilih (Golput). TNI – POLRI Menjamin Keamanan Pelaksanaan Pemilu Hingga ke TPS, Karena TNI – POLRI benteng NKRI," tandasnya.

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner