Tak Berkategori

Menanti Tuah Jembatan Mahakam IV

apahabar.com, SAMARINDA – Kehadiran jembatan Mahakam IV diharapkan mampu mengurai kemacetan dari dan menuju Kota Samarinda,…

Featured-Image
Jembatan Mahakam segera diproyeksikan IV Oktober nanti tuntas, namun tak bisa langsung dilewati. Foto-Prokal.co

bakabar.com, SAMARINDA – Kehadiran jembatan Mahakam IV diharapkan mampu mengurai kemacetan dari dan menuju Kota Samarinda, termasuk memberi kemanfaatan yang jauh lebih besar bagi kemajuan Samarinda dan Kalimantan Timur.

Sabtu, 2 Agustus 1986, dikutip bakabar.com. dari laman resmi Pemprov Kaltim, langit cerah menyapa warga Samarinda yang merasakan kegembiraan luar biasa.

Akhir pekan pembuka di bulan kemerdekaan itu, Presiden Soeharto secara khusus datang ke ibu kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk meresmikan Jembatan Mahakam. Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum ketika itu, Soeyono Sosro Darsono.

Ribuan warga menikmati euforia luar biasa menyaksikan peresmian jembatan pertama menyeberangi Sungai Mahakam.

Kegembiraan bercampur keinginan besar mereka untuk melihat lebih dekat sosok pemimpin karismatik yang mereka kagumi saat itu, Presiden Soeharto.

Tak jauh dari pemimpin era orde baru itu, Gubernur Kaltim saat itu, H Soewandi tak henti menebar senyum.

Baca Juga: Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Ditarget Siap Dukung Mudik Lebaran 2019

Suksesor Gubernur Ery Soeparjan ini pun merasa sangat gembira karena tiang pertama Jembatan Mahakam yang dipancangnya pada 6 Oktober 1983 akhirnya benar-benar rampung dan bisa segera dinikmati warga Samarinda dan rakyat Kalimantan Timur.

Sejak saat itu, arus transportasi penumpang dan barang menjadi lebih lancar. Pemilik kendaraan bermotor pun tidak perlu repot lagi mencari tumpangan kapal-kapal fery di dermaga khusus hanya untuk menyeberang dari dan menuju Samarinda kota. Jalur untuk para pejalan kaki pun disediakan di sisi kiri dan kanan Jembatan Mahakam.

Sebelumnya, untuk menyeberang masyarakat harus menumpang ketinting atau perahu tambangan, atau kapal feri bagi yang memiliki kendaraan bermotor.

Setelah Jembatan Mahakam beroperasi, aktifitas ekonomi Samarinda pun melaju semakin kencang.

Pembangunan Jembatan Mahakam sendiri digagas oleh Gubernur Kaltim H Ery Soeparjan, termasuk menentukan titik lokasi pembangunan Jembatan Mahakam pada tahun 1982.

Jembatan dengan panjang 400 meter, lebar 10 meter dan tinggi 5 meter itu dibangun oleh PT Hutama Karya dengan total dana pembangunan mencapai Rp 7,2 miliar.

Terbilang sangat mahal dibanding pembangunan jembatan umumnya di Indonesia pada kisaran tahun-tahun tersebut.

Mahalnya biaya pembangunan Jembatan Mahakam saat itu, antara lain disebabkan oleh tingginya tingkat kesulitan dan kerumitan pembangunan jembatan karena kedalaman sungai. Selain itu, konstruksi jembatan yang menggunakan rangka baja dengan sistem Hollandia Kloos, bantuan Pemerintah Belanda. Baja-baja yang dipasang adalah baja-baja pilihan yang tidak mudah berkarat.

Sekira dua puluh tahun kemudian, seiring perkembangan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi, industri, jasa dan pariwisata di Kalimantan Timur dan khususnya Kota Samarinda, Jembatan Mahakam yang semula terasa luas, semakin hari terasa semakin menyempit.

Diduga akibat kian membeludaknya jumlah kendaraan bermotor, mulai roda dua, roda empat dan seterusnya. Bahkan angkutan alat berat.

Beberapa kali bahkan rangka-rangka jembatan tersenggol kendaraan pengangkut alat berat, sementara pilar-pilar penyangga dan pengamannya di bawah jembatan tidak kurang sudah 6 kali diseruduk ponton pengangkut batu bara dan lainnya.

Sejak beberapa tahun lalu, polisi bahkan menutup arus lalu lintas dari jembatan langsung ke arah Jalan Slamet Riyadi, karena seringnya terjadi kemacetan di atas jembatan.

Arus lalu lintas diarahkan menuju Bigmall, sebelum berbelok di simpang Jalan R Soetami. Dari arah Samarinda kota polisi pun secara rutin mengatur antrean kendaraan roda dua dan roda empat untuk mengurangi risiko kemacetan.

Baca Juga: Hore!! Penerbangan Langsung ke Maratua Bakal Bertambah

Kehadiran Jembatan Mahakam Ulu (Mahulu) di Sengkotek dan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II di Palaran, ternyata juga tidak cukup untuk mengurai kemacetan di Jembatan Mahakam.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, serta cara pandang yang jauh ke depan demi kemajuan dan pergerakan kota Samarinda dan Kalimantan Timur, maka Gubernur Awang Faroek Ishak (2008-2018) berketetapan hati untuk membangun Jembatan Mahakam IV, persis di sisi Jembatan Mahakam.

"Jembatan Mahakam sudah tidak mungkin lagi membendung laju aktifitas kota. Dan Jembatan Mahakam IV akan menjadi solusi, sekaligus jawaban dari kebutuhan masa depan demi kemajuan Samarinda dan Kalimantan Timur," kata Awang Faroek Ishak, kala itu.

Jembatan Mahakam IV dibangun dengan panjang bentang 220 meter, lebar 16,9 meter, tinggi clearance 22 meter. Pembiayaannya menggunakan APBD Kaltim 2012-2013 dan dilanjutkan dengan multiyears contract (MYC) 2015-2018.

Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Sungai Kunjang dengan Kecamatan Samarinda Seberang.
Kehadiran jembatan ini, di masa depan diharapkan mampu mengurai kemacetan dari dan menuju Kota Samarinda. Apalagi dari sisi seberang maupun kota, jalur pendekatnya dibuat menyerupai jalan layang.

Adapun anggaran jalan pendekat sisi Samarinda Kota senilai Rp227,7 miliar dan sisi Samarinda Seberang Rp228,8 miliar. Sementara bentang tengah diperkirakan sekitar Rp184,2 miliar. Total anggaran dibutuhkan untuk Jembatan Mahakam IV mencapai Rp640 miliar .

Bentang tengah jembatan ini digarap PT Waskita Karya. Diperlukan tambahan dana sekitar Rp27 miliar melalui APBD Perubahan 2019 untuk pengaspalan sepanjang 38 meter dari re-design, uji beban dan railing serta pekerjaan minor lainnya.

Baca Juga: Jembatan Pulau Laut Diusulkan Masuk PSN Usai Pilpres

"Kami terus berkoordinasi dengan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan (KKJT). Uji beban direncanakan bulan Mei ini. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan tahun ini Jembatan Mahakam IV sudah bisa segera diresmikan dan beroperasi," kata Kepala Dinas PUPR dan Pera Kaltim HM Taufik Fauzi.

Semoga, kehadiran Jembatan Mahakam IV tidak kalah menggembirakan dari kegembiraan yang dirasakan warga Kaltim saat peresmian Jembatan Mahakam oleh Presiden Soeharto, 33 tahun silam.

Terpenting, semoga kehadiran Jembatan Mahakam IV akan memberi kemanfaatan yang jauh lebih besar bagi kemajuan Samarinda dan Kalimantan Timur pada umumnya.

Sumber: Humas Pemprov Kaltim
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner