Nasional

‘Mejeng’ di Finlandia, Kopi Kalsel Paling Dicari

apahabar.com, BANJARMASIN – Kopi dari Bati-Bati, Kalimantan Selatan laris manis saat dipamerkan di Helsinki Coffee Festival,…

Featured-Image
Kopi dari Bati-Bati, Kalimantan Selatan dipamerkan di Helsinki Coffee Festival, Finlandia 12 -14 april 2019. Foto-Dok Kedubes Indonesia untuk Finlandia

bakabar.com, BANJARMASIN – Kopi dari Bati-Bati, Kalimantan Selatan laris manis saat dipamerkan di Helsinki Coffee Festival, Finlandia 12 -14 april 2019.

Banyak pengunjung yang mencicipi kopi Liberica Bati-Bati menyebut, kopi asli Banua itu punya cita rasa menarik dan beraroma cokelat yang tidak ditemukan pada jenis-jenis kopi lainnya.

“Kopi Liberica Bati-Bati (Kalsel) salah satu kopi yang paling banyak disukai dan dicari para pengunjug,” bunyi rilis Kedutaan Besar Indonesia-Finlandia yang diterima bakabar.com, Senin (15/4).

Baca Juga: Tiba di Jeddah, Presiden Jokowi Kenakan Ihram

Selain karena kopi yang cukup langka ditemui, kopi jenis ini dianggap juga punya aroma yang lebih unik. Kopi Liberica Bati-Bati adalah kopi yang tidak mengenal daerah ketinggian, tidak seperti kopi jenis Arabika, Robusta dan lainya.

Selain Liberica Bati-Bati, kedutaan juga membawa dua jenis kopi lain dari Indonesia yakni Kopi Emir Fine Robusta Semendo dari Sumatera Selatan dan Kopi Merapi dari Seleman, Yogyakarta.

Seperti diketahui Finlandia adalah salah satu negara peminum kopi terbesar di dunia. Rata-rata masyarakat di sana meminum 12 Kg kopi per kapital.

Selain Finlandia, Norwegia berada di urutan selanjutnya dengan 9,9 Kg/kapital.
Disusul Icelend 9 Kg, Denmark 8,7 Kg, Belanda 8,4 Kg, Swedia 8,2 per kapitalnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Gibran dan Kaesang Bertemu Raja Salman

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner