Tak Berkategori

KPU Kalsel Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019…

Featured-Image
Simulasi pemungutan suara. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungansuaraPemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lapangan Murjani Banjarbaru, Kamis (4/4/2019).

“Pada simulasi tersebut, KPU menggunakan standar yang akan digunakan saat pemungutan dan penghitungan suara yang bakal dilaksanakan Rabu 17 April 2019 mendatang,” kata Ketua KPU Kalsel, Sarmuji saat dihubungibakabar.com.

Baca Juga: TPA Banjarbakula Mulai Beroperasi, Banjarbaru dan Tanah Laut Sudah Setor Sampah

Bahkan simulasi ini sama persis dengan aslinya, sekitar pukul 07.00 WIB para pemilih akan mulai berdatangan ke area TPS.

Pada simulasi tersebut melibatkan warga sekitar TPS dari berbagai unsur, di antaranya pemilih pemula, pemilih lansia dan pemilih disabilitas.

“Calon pemilih diarahkan langsung ke meja daftar hadir pemilih dan selanjutnya melakukan pemeriksaan seperti penyesuaian KTP dan formulir C6,” tambahnya.

Pemeriksaan tersebut guna mengsinkronkan berkas sesuai dengan DPT atau tidak dan jari tangan calon pemilih pun diperiksa.

Usai tahapan tersebut pemilih harus tanda tangan kedatangan dengan formulir C7 yang disesuaikan dengan jenis kelamin.

“Pemilih juga menerima nomor urut panggilan, namun pemilih harus menunggu giliran pencoblosan di tempat yang sudah disiapkan,” sebutnya.

Setelah prosesi pencoblosan di bilik suara, pemilih memasukkan kertas suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara sesuai dengan warna.

“Simulasi ini bertujuan mengecek kesiapan dari penyelengara pemilu dan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan waktu yang dibutuhkan setiap tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” terangnya.

Baca Juga: KPU Gelar Pendataan DPTb di Lapas Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner