Nasional

Kapolda Papua: Banjir Bandang Akibat Pembalakan Liar di Gunung Cyclop

apahabar.com, JAYAPURA – Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin menyebut bahwa banjir bandang yang menyebabkan puluhan warga…

Featured-Image
Sejumlah warga melintasi sebuah mobil yang terbalik akibat banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/3/2019). Foto-Antara/Gusti Tanati

bakabar.com, JAYAPURA -Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin menyebut bahwa banjir bandang yang menyebabkan puluhan warga meninggal dunia di Kabupaten Jayapura diduga akibat pembalakan liar yang terjadi di kawasan Pegunungan Cyclop.

“Bahkan, akibat pepohonan sudah ditebang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab menyebabkan berbagai material, seperti bebatuan dan batang kayu serta lumpur, ikut terseret,” kata dia di Jayapura seperti dilansir Antara, Minggu (17/3).

Baca Juga:Update Banjir Sentani: 42 Korban Jiwa, MRI-ACT Siaga

Banjir bandang yang terjadi Sabtu (16/3) malam itu, disebabkan berkurangnya pepohonan di kawasan gunung Cycloop sudah berkurang sehingga saat hujan deras mengguyur kawasan itu dapat menyebabkan banjir.

Padahal menurutnya gunung Cycloop merupakan kawasan hutan lindung yang seharusnya dijaga kelestariannya.

Oleh karena hutan lindung ang tidak dijaga kelestariannya, saat curah hujan tinggi menjadi penyebab banjir bandang yang bahkan mengakibatkan jatuhnya korban, termasuk harga benda.

“Ke depan diharapkan tidak lagi terjadi pembalakan karena dampak yang ditimbulkan dapat menyebabkan korban jiwa dan harta benda,” kata Irjen Pol Sormin.

Banjir bandang yang terjadi Sabtu (16/3) malam itu, menyebabkan 64 orang meninggal dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Tercatat sembilan distrik di Kabupaten Sentani terkena banjir.

Baca Juga:Cari Korban Banjir Sentani, Ini yang Ditemukan Anggota TNI

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner