Pemkab Tanah Bumbu

Dongkrak Sektor Pariwisata, Peran Duta Wisata Masih Dianggap Penting

apahabar.com, BATULICIN – Untuk mendongkrak sektor pariwisata di Bumi Bersujud, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masih…

Featured-Image
Pengumuman penerimaan Duta Wisata Tanbu 2019. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Untuk mendongkrak sektor pariwisata di Bumi Bersujud, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masih berharap banyak dengan keberadaan duta wisata.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu, Hamaluddin Taher, sejatinya dunia parawisata tidak akan lepas dari peran duta wisata.

Sebab, kata Hamal, duta wisata memiliki tugas pokok yakni membantu mempromosikan sekaligus mempublikasikan destinasi wisata yang ada di suatu daerah.

“Sesungguhnya sektor pariwisata tidak akan terlepas dari peran duta wisata, karena mereka adalah sarana atau kelompok yang dapat menbantu mempublikasikan destinasi wisata yang ada di wilayah Tanbu,” kata Hamal, kepadaWartawan Apahabar.com, Jumat (8/3/2019).

Baca Juga: Pemkab Tanbu Anggap Karhutla Persoalan Serius

Peran duta wisata tak sampai di situ. Menurut Hamal, duta wisata juga berperan pada setiap even seni dan budaya daerah, baik kegiatan yang diinisiasi oleh pemerintah, komunitas masyarakat, maupun oleh duta wisata itu sendiri.

Namun, Hamal mengakui eksistensi duta wisata di Tanbu memang belum maksimal. Hal itu lagi-lagi terkendala oleh anggaran pagelaran seni budaya yang minim. Itu juga berdampak pada minimnya even-even budaya lokal yang digelar tiap bulan.

Meski demikian, Hamal optimistis ke depan pihaknya dapat menganggarkan dana setiap bulan agar peran duta wisata dapat lebih terlihat di masyarakat.

Tahun ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu kembali membuka pendaftaran pemilihan Duta Wisata Bersujud. Pendaftaran Duta Wisata Bersujud berakhir sampai dengan 13 Maret 2019.

Persyaratan untuk mengikuti pemilihan Duta Wisata Bersujud yaitu WNI Tanbu, usia 16 sampai 24 Tahun, pendidikan minimal SLTA sederajat, belum menikah, tinggi badan pria minimal 165 cm, wanita 160 cm, memiliki pengetahuan tentang kepariwisataan di Tanbu, memiliki penampilan menarik, cerdas, dan berkepribadian baik.

Selain itu, memiliki keahlian khusus atau bakat, serta memiliki motivasi kuat menjadi duta wisata bersujud. Peserta pendaftaran terbuka untuk umum. Peserta yang mendaftar nantinya akan diseleksi oleh pihak panitia pelaksanaan pemilihan duta wisata bersujud.

Baca Juga:PMI Dapat Hibah Rp1 Miliar, Ini Harapan Sekda

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner