Sport

Kiper Inggris di Piala Dunia 1966 Tutup Usia

apahabar.com, SHEFFIELD – Sepakbola Inggris kehilangan salah satu pemain terbaiknya. Gordon Banks, kiper yang berjasa mengantarkan…

Featured-Image
Mendiang Gordon Banks. Foto-net

bakabar.com, SHEFFIELD – Sepakbola Inggris kehilangan salah satu pemain terbaiknya. Gordon Banks, kiper yang berjasa mengantarkan Inggris menjuarai Piala Dunia 1966, meninggal dunia di usia 81 tahun, Selasa (12/2).

Banks pernah dinobatkan oleh FIFA sebagai kiper terbaik selama enam kali dan telah memperkuat tim nasional Inggris sebanyak 73 kali.

Namanya semakin dikenal setelah berhasil menggagalkan tendangan Pele saat Inggris berhadapan dengan Brazil di Piala Dunia 1970.

img

Aksi Gordon Banks dibawah mister gawangThe Three Lions pada Piala Dunia 1966. Foto-net

Dilahirkan di Sheffield, Inggris, Banks pernah mengantar Stoke dan Leicester City ke tangga juara Piala Liga, sebelum mengundurkan diri pada 1973.

“Sungguh sangat menyedihkan bahwa kami harus mengumumkan Gordon meninggal dunia dengan damai,” demikian diumumkan keluarga Banks seperti dikutip Antara, Selasa (12/2).

“Kami sangat kehilangan dia, tapi kami juga sangat gembira karena memiliki kenangan dan kebanggaan bersama dia,” lanjut pernyataan keluarga Banks.

Banks mengawali karir di Chesterfield, sebelum bergabung dengan Leicester pada 1959 dengan kontrak senilai 7000 poundsterling. Ia kemudian menjadi pemain nomor satu Inggris.

Ia untuk pertama kalinya membela tim nasional Inggris pada 1963 saat menghadapi Skotlandia.

Puncak prestasinya adalah pada Piala Dunia 1966 ketika mengantar Inggris tampil sebagai juara setelah di final yang berlangsung di Stadion Wembley, mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner