Pemkab Tanah Bumbu

Ikut Tes Kesehatan, Calon Jemaah Haji Jalan Kaki 1.6 Kilometer

apahabar.com, BATULICIN – Untuk memastikan kondisi fisiknya tetap sehat saat berada di Tanah Suci, Calon Jemaah…

Featured-Image
Calon Jemaah Haji Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2019 menjalani tes kesehatan. Foto-MC Tanbu for apahabar.com

bakabar.com, BATULICIN - Untuk memastikan kondisi fisiknya tetap sehat saat berada di Tanah Suci, Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Tahun 2019 menjalani tes kesehatan. Salah satu tes yang wajib diikuti adalah jalan kaki sejauh 1.6 kilometer.

Kepala Dinas Kesehatan Tanbu melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Arifin, mengatakan tes kesehatan itu akan membuat kondisi fisik CJH terlatih saat menunaikan ibadah haji. Selain itu, latihan fisik juga berguna untuk mengurangi potensi stress CJH.

“Kita harapkan calon jemaah haji bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar,” ujar Arifin, Kamis (14/2/2019).

Jika dalam tes tersebut, CJH mendapat poin kurang memuaskan, CJH disarankan untukmelakukan latihan fisik rutin secara individual setiap pagi setelah salat subuh atau sore hari.

Ia mengatakan, pemeriksaan kebugaran dilaksanakan selama empat hari, mulai 11 sampai 14 Februari 2019.

Baca Juga:Mengenang Sang Maestro Fadly Zour, Seniman Besar Pencipta Lagu Pambatangan

Sebelum mengikuti tes jalan kaki, CJH terlebih dahulu mengikuti serangkaian pemeriksaan seperti kadar gula, tekanan darah, dan hemoglobin. Pemeriksaan kebugaran itu, kata Arifin, dipantau langsung oleh petugas dari Dinas Kesehatan Tanbu.

Ia mengatakan calon jemaah haji yang mengikuti pemeriksaan kebugaran ini dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama pemeriksaan diikuti CJH Kecamatan Simpang Empat, Batulicin, Karang Bintang, Mantewe, Kecamatan Kusan Hulu, dan Kuranji. Pemeriksaan kesehatan dipusatkan di Puskesmas Simpang Empat.

Sedangkan tahap kedua diikuti CJH Kecamatan Kusan Hilir, Sungai Loban, Angsana, dan Satui yang dilaksanakan di halaman Panggung Utama Mappanretasi Pagatan.

Kepala Dinas Kesehatan Tanbu, H Damrah,meminta CJH untuk benar-benar menjaga kondisi fisiknya selama berada di tanah suci. Ia berharap kondisi kesehatan seluruh CJH di Kabupaten Tanbu tetap sehat sampai pulang kembali ke tanah air.

Baca Juga: Oprit Jembatan Batulicin Anjlok, Warga Minta Segera Diperbaiki

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner