Nasional

Garut Digoncang Gempa 4,1 Magnitudo Siang Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Garut Selatan digoncang gempa tektonik 4,1 Magnitudo pada pukul 13.08 WIB, Senin (11/2). Goncangan…

Featured-Image
Ilustrasi gempa. Foto-abcnews.com

bakabar.com, BANJARMASIN- Garut Selatan digoncang gempa tektonik 4,1 Magnitudo pada pukul 13.08 WIB, Senin (11/2). Goncangan gempa menyebar ke sebagian wilayah di Bandung dan Tasikmalaya.

Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, gempa tektonik sebesar itu tidak berdampak merusak.

“Hanya terasa sebagian masyarakat sebagai getaran yang pelan,” kata dia, seperti dilansir dari tempo.co.

Baca Juga:Si Pembanting Motor dan Pembakar STNK Itu Ternyata Cengeng

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,71 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kedalaman sumber gempa tergolong dangkal yaitu 10 kilometer.

“Gempa yang terjadi akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan) di sekitar wilayah tersebut,” ujarnya.

Guncangan gempa ini dilaporkan terasa di daerah Bojongsoang dan Banjaran Kabupaten Bandung. Skala intensitas gempanya II MMI yang membuat benda-benda ringan bergoyang.

Berdasarkan peta guncangan, gempa terasa di Garut, sebagian Bandung selatan, dan barat Tasikmalaya. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13.35 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga:Ada 70 Hoax Beredar Selama Januari 2019

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner