Pemkab Tanah Bumbu

Warga Pendatang di Tanbu Wajib Tes HIV/AIDS

apahabar.com, BATULICIN – Meski terhitung sebagai kabupaten baru di Kalimantan Selatan, tetapi ranking penderita AIDS di…

Featured-Image
Stop HIV/AIDS. Foto – Warta Desa

bakabar.com, BATULICIN – Meski terhitung sebagai kabupaten baru di Kalimantan Selatan, tetapi ranking penderita AIDS di Kabupaten Tanah Bumbu terbilang tinggi.

Data dari Dinas Kesehatan Tanah Bumbu menyebutkan, sejak 2003 hingga 2018, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 401 orang.

Letak geografis Kabupaten Tanah Bumbu yang strategis dan menjadi tujuan utama migrasi penduduk dituding menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk menekan angka penderita HIV/AIDS dan meminimalisir penyebarannya, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu akan mewajibkan setiap warga pendatangyang masuk dan berencana menetap di Bumi Bersujud untuk mengikutites HIV/AIDS.

“Rencananya begitu. Tapi kita masih berkonsultasi ke Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Jakarta,” sebut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu, Kursani, kepada bakabar.com, Rabu (9/1).

Baca Juga:Gus Muwafiq Safari Dakwah ke Tanbu, Ini Jadwalnya

Menurut Kursani, konsultasi itu diperlukan agar Pemkab Tanah Bumbu tidak dinilai mengeluarkan kebijakan secara sepihak. Di Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pihaknya juga akan berkonsultasi apakah kebijakan ini tidak bertentangan dengan aturan lain atau tidak.

Kursani mengakui, kebijakan ini akan menuai pro dan kontra. Namun, hal ini dilakukan untuk membentengi masyarakat Tanah Bumbu dari penyakit HIV/AIDS.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu juga akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan jika kebijakan ini benar-benar dijalankan pada 2019.

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu, ada 9.815 warga pendatang di Tanah Bumbu pada 2018. Warga pendatang terbanyak berasal dari Jawa Timur yang berjumlah 1.221 orang, diikuti Sulawesi Selatan 645 orang, dan Kalimantan Timur sebanyak 536 orang.

Baca Juga:Cuncung Syafruddin H Maming, Wujudkan Jembatan Kotabaru - Batulicin dan Jalan Tol Batulicin - Banjarmasin (bagian 2 habis)

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner