Tak Berkategori

Tol Balsam Jalan Terus, Maloy Siap Diresmikan Jokowi

apahabar.com, SAMARINDA – Pemprov Kaltim menyerahkan kelanjutan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,02 kilometer sepenuhnya ke…

Featured-Image
Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Foto-Dok Jasa Marga

bakabar.com, SAMARINDA– Pemprov Kaltim menyerahkan kelanjutan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,02 kilometer sepenuhnya ke pemerintah pusat.

pengerjaan fisik jalan tol tidak akan lagi mendapat dukungan APBD Kaltim. Demikian ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

“Jadi, Pemprov Kaltim sekarang sudah tidak repot lagi soal jalan tol. Kita serahkan semua ke pusat untuk menyelesaikan pembangunan fisiknya. Kita masih akan bantu untuk pembebasan lahan,” kata Isran dalam keterangan persnya kepada media ini Kamis (3/1).

Baca Juga:2019, Pelayanan Kaltim Harus Ditingkatkan

Hingga saat ini disebutkan Isran, secara keseluruhan pembangunan jalan tol sudah mencapai 75 persen. Jika masih terdapat permasalahan lahan, Pemprov Kaltim siap membantu.

“Kita harapkan tahun ini bisa selesai. Yang jelas kita serahkan semua ke pusat untuk menyelesaikan pembangunan fisiknya,” tegasnya.

Selain itu, untuk pembangunan proyek-proyek multi years contract (MYC) seluruhnya akan diselesaikan pada 2019. Anggarannya pun sudah ada. Misal, pembangunan Jembatan Mahakam IV.

Baca Juga: Maloy Batuta Trans Kalimantan Ditarget Akhir Januari

Sedangkan mengenai Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) di Kutai Timur tetap menjadi perhatian Pemprov Kaltim.

Bahkan, hingga saat ini banyak investor dan pengusaha siap membangun industri di lokasi tersebut, terutama industri kelapa sawit.

“Yang jelas mengenai pembangunan MYC tidak ada masalah. Jembatan Mahakam IV insyaallah diresmikan April 2019. Begitu juga KEK Maloy. Rencana diresmikan Presiden Joko Widodo April tahun ini. Potensi KEK Maloy untuk pertumbuhan ekonomi rakyat sangat besar,” jelasnya.

Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner