Kalteng

Tak Ada Ahli Gizi, Wanita 350 Kg Tak Bisa Ditangani di Kalteng

apahabar.com, PALANGKARAYA – Seluruh rumah sakit yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak ada yang bisa menangani…

Featured-Image
Titi Wati (37) wanita tergemuk di Kalteng bersama Herlina (19) anak kandungnya saat beraktivitas sehari-hari di kediamannya di Jalan G Obos XXV atau Jalan Bima Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya, Minggu (6/1/19). Foto – Antara

bakabar.com, PALANGKARAYA- Seluruh rumah sakit yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak ada yang bisa menangani obesitas Titi Wati yang memiliki berat 350 kg. Hingga kini Pemprov Kalteng sedang putar otak untuk menolong warganya itu.

“Rumah sakit terbesar di provinsi itu tidak punya ahli gizi,” kata Kepala Dinas Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) dr Suyuti Syamsul seperti dikutip dari detikcom, Selasa (8/1/2019).

Guna menangani obesitas Titi juga dibutuhkan dua dokter ahli lain, yaitu endokrin yang membidangi hormon dan ahli bedah obesitas. Lagi-lagi, dua dokter ahli itu tidak ada yang bertugas di rumah sakit se-Kalteng.

“Belum lagi sarana rumah sakit yang memadai untuk melakukan perawatan seperti itu,” ujar Suyuti.

Baca Juga: Evakuasi Wanita 350 Kg, Dinkes Kalteng Harus Jebol Pintu dan Jendela

Untuk mendapatkan diagnosis pasti, perlu langkah evakuasi ke rumah sakit. Namun lagi-lagi mengevakuasi Titi bukan perkara mudah karena badannya sudah melebar.

“Untuk evakuasi ke rumah sakit, harus membongkar pintu atau lewat jendela. Itu pun kalau diizinkan keluarga,” kata Suyuti.

Kalau harus dirujuk ke rumah sakit ke luar Kalteng, harus dipikirkan pula bagaimana teknis penanganannya.

“Kami masih berkoordinasi dan melakukan langkah-langkah menangani kasus ini,” pungkas Suyuti.

Baca Juga:Wanita Tergemuk di Kalteng Minta Perhatian Pemerintah

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner