Tak Berkategori

Waspada! Penyakit ISPA Paling Banyak Menyerang di Musim Hujan

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat musim penghujan seperti ini penyakit yang paling banyak menyerang warga Banjarmasin ada 3,…

Featured-Image
Ilustrasi penyakit ISPA. Foto-reviewbekasi.com

bakabar.com, BANJARMASIN– Saat musim penghujan seperti ini penyakit yang paling banyak menyerang warga Banjarmasin ada 3, yaitu Diare, ISPA dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Dari sepuluh penyakit yang paling banyak menyerang warga ada 3: Diare, ISPA dan DBD,” ujar Dr Dwi Atmi Susilastuti Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin kepada bakabar.com.

Dia menjelaskan, ISPA itu selalu nomor satu, jumlah penyakit dari sepuluh jumlah penyakit terbanyak yang paling banyak menyerang warga Banjar. Kemudian yang kedua yaitu Demam Berdarah Dengue.

Diakuinya, untuk penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut merupakan infeksi yang menyerang saluran pernafasan manusia disebabkan virus atau bakteri.

“Infeksi ini bisa menyebabkan pada penyakit pilek, peradangan pada sinus, peradangan pada amandel, dan pada pita suara serta penyakit influenza,” terangnya.

Baca Juga:Tanah Gambut Dapat Mempercantik Kulit

Dr. Dwi Atmi Susilastuti mengimbau kepada warga dimusim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat dapat menjaga kesehatan.

Saat musim penghujan, banyak penyakit yang bisa menyerang. Diantaranya diare, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Dari 10 penyakit yang biasa muncul dimusim penghujan, penderita ISPA terbanyak, kemudian DBD," ujar Dr Dwi Atmi Susilastuti, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin kepada bakabar.com.

Dikemukakannya, ISPA merupakan infeksi yang menyerang saluran pernafasan manusia disebabkan virus atau bakteri. "Infeksi ini bisa menyebabkan pada penyakit pilek, peradangan pada sinus, peradangan pada amandel, gangguan pita suara serta penyakit influenza," terangnya.

Dr Dwi Atmi Susilastuti mengimbau kepada warga di musim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat dapat menjaga kesehatan.

Tips mencegah penyakit saat musim penghujan, kata dia, pertama jangan malas cuci tangan. Kebanyakan orang hanya mencuci tangan kalau tangan terlihat kotor. Padahal tangan yang 'tampak' bersih bukan berarti bebas kuman.

Tangan bisa menularkan penyakit dari aktivitasnya yang selalu bersentuhan dengan banyak hal. Karena itu, hilangkan kebiasaan malas mencuci tangan kalau nggak mau bakteri dan virus hinggap di tubuhmu.

Dengan rajin mencuci tangan, berbagai jenis penyakit akibat virus, termasuk batuk dan pilek, dapat dihindari.

Trik kedua mengurangi jajan sembarangan. Kadang setiap keluar rumah banyak orang yang tergoda jajan makanan manis yang kadar gulanya tinggi sebagai penyebab gigi berlubang.

Reporter: Marlianti Tandang
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner