Tak Berkategori

Warga ‘Serbu’ Pangkalan LPG, Jatah 500 Tabung ‘Melon’ Ludes Sekejap

apahabar.com, BANJARMASIN – Di Banjarmasin Selatan, kurang dari sejam, sebanyak 500 tabung gas 3 Kilogram (Kg)…

Featured-Image
Warga tampak menyemuti pangkalan LPG 3 KG Yulina Kartoyo, Jalan Rantauan Darat RT 8 Kecamatan Banjarmasin Selatan sejak pagi hari. Foto-apahabar.com/Eddy

bakabar.com, BANJARMASIN – Di Banjarmasin Selatan, kurang dari sejam, sebanyak 500 tabung gas 3 Kilogram (Kg) ludes dibeli.

Pantauan media ini, warga tampak menyemuti pangkalan LPG 3 KG Yulina Kartoyo, Jalan Rantauan Darat RT 8 Kecamatan Banjarmasin Selatan, sejak Kamis (27/12) pagi.

Umumnya warga mengaku kesulitan mendapatkan tabung 'melon' 3 Kg selama sepekan belakangan ini, lantas memilih ‘menyerbu’ pangkalan kala salah satu truk pengangkut gas memasuki halaman pangkalan.

Mereka sebelumnya sudah mengantri dan memilih untuk menunggu truk pengangkut elpiji, karena takut kehabisan stok lagi seperti yang sudah-sudah.

Baca Juga:Ombudsman: 6 Kabupaten di Kalsel Belum Memenuhi Standar Pelayanan Publik

"Udah susah didapat, harganya pun sekarang selangit mas. Makanya saya antri dari pagi di sini," ujar Acil Maryam, warga setempat kepada Apahabar.com di lokasi antrian.

Ya, warga rela mengantri dan menunggu truk stok elpiji 3 kg di pangkalan tersebut, disebabkan stok yang didapatkan pangkalan tersebut hanya berkisar 500 tabung. Jika terlambat, praktis mereka tidak kebagian.

"Agar tidak rebutan, kita bagikan dua kupon per orang. Jadi satu orang hanya bisa beli 2 elpiji. Apalagi stok kita terbatas, jadi untuk warga yang tidak kebagian mungkin bisa nunggu pengiriman berikutnya," tutur Sri,Penanggung Jawab Pangkalan LPG 3 kg Yuli Kartoyo ditemui media ini.

Di Banjarmasin, PT Pertamina (Persero) mengklaim pasokan LPG 'melon' 3 Kilogram (Kg) di Kalimantan Selatan aman.

Melalui sambungan telepon, Sales Eksekutif Retail Gas Pertamina Banjarmasin Aditya mengatakan sebanyak 20.000 tabung didistribusikan ke Banjarmasin tiap harinya.

Baca Juga:Klaim Pasokan LPG 'Melon' ke Kalimantan Selatan Aman

"Kita sudah distribusikan 20 ribu tabung per hari sejak tanggal 17 Desember kemarin," kata Aditya Kamis (2712) sore.

Untuk menjaga kesediaan, Pertamina menambah jumlah pendistribusian ke-13 kabupaten/kota se-Kalsel sebanyak 90.000 tabung per harinya.

Soal lonjakan harga di sejumlah titik belakangan waktu ini, Aditya meminta masyarakat untuk membeli gas subsidi itu di pangkalan-pangkalan resmi milik Pertamina.

Baca Juga: LPG 3 Kg Mahal, DPRD Kalsel Terus Soroti Kinerja Satgas Pangan

Selanjutnya, dia mengatakan setiap pemerintah daerah telah menerapkan sistem masing-masing untuk pembelian LPG 3 Kg di Pangkalan. Baik dengan kupon KTP atau kartu Keluarga.

Aditya menyarankan, jika menemukan perlanggaran tersebut segera melapor ke Pertamina atau melalui kontak pengaduan yang tersedia, dengan mencantumkan keterangan agen dan kecurangan apa yang dilakukan.

Baca Juga:Masuk Kabupaten di Bawah Standar Pelayanan Publik, Batola Siap Berbenah

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner