Nasional

Yuk, Nonton Animasi Sejarah Proklamasi di Rumah Digital Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati pada 17 Agustus setiap tahunnya. Sebelum seperti sekarang,…

Featured-Image
Cuplikan animasi sejarah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di RDI (Foto: Rumah Digital Indonesia. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati pada 17 Agustus setiap tahunnya. Sebelum seperti sekarang, cikal bakal proklamasi ini melewati sejarah panjang.

Mengutip CNNIndonesia, proses memproklamasikan Indonesia tidaklah mudah. Saat itu, ada pihak Jepang ikut memprovokasi supaya proklamasi dilaksanakan sesuai tanggal yang mereka pilih.

Siasat Jepang seakan dibuat sengaja. Bahkan, Soekarno sempat terpengaruh hasutan dari Jepang dan bersedia mengikuti arahannya.

Geram dengan sikap Soekarno saat itu, para golongan muda pun tidak tinggal diam. Mereka menyusun strategi untuk mengasingkan Soekarno dan Hatta sementara ke Rengasdengklok.

Upaya tersebut bukan tanpa alasan. Melainkan, supaya Soekarno tidak terpengaruh Jepang. Desakan demi desakan terus mencecar Soekarno untuk segera memproklamasikan Indonesia.

Berkat dukungan banyak pihak yang terlibat. Soekarno dan Hatta pun akhirnya memutuskan menulis teks proklamasi tersebut, sehingga pada 17 Agustus 1945, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia terselenggara dan disebarluaskan ke seluruh wilayah Tanah Air.

Dari perjalanan panjang tentang Proklamasi Indonesia, ternyata terdapat sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui.

Penasaran bagaimana sejarah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan ini dan fakta menarik di dalamnya?

Yuk, nonton videonya di Rumah Digital Indonesia. Karena kisahnya dikemas dengan konten animasi menarik.

Caranya, buka situs www.rumahdigitalindonesia.id, pilih Peta, pilih Ruang Literasi Digital, pilih Ruang Komunitas, lalu Cerita Indonesia, video Proklamasi Kemerdekaan.

Selain nonton sejarah Indonesia lewat video animasi, masih banyak konten menarik dari Rumah Digital Indonesia yang hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja.

Komentar
Banner
Banner