Megaproyek Kalsel

Wow! Renovasi Stadion Demang Lehman Capai Rp117 Miliar

Tak tanggung-tanggung, renovasi Stadion Demang Lehman Martapura, Banjar, Kalsel, yang bakal digarap awal 2024, menggelontorkan anggaran Rp117 miliar

Featured-Image
Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (foto: dok. baritoputera.co.id)

bakabar.com, JAKARTA – Tak tanggung-tanggung, renovasi Stadion Demang Lehman Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), yang bakal digarap awal 2024, menggelontorkan anggaran lebih dari Rp117 miliar.

Terlebih, stadion kebanggan warga Kalsel itu telah masuk dalam 22 stadion prioritas di Indonesia yang akan direnovasi sesuai dengan standar FIFA.

“Kalau di Banjar, Demang Lehman, itu menjadi program 22 stadion yang akan direnovasi,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono kepada bakabar.com, di Jakarta, Selasa (31/10).

Kepastian renovasi stadion markas Barito Putera itu dikuatkan dengan penerbitan tender pekerjaan di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR.

Baca Juga: Joss, Menpora Beri Sinyal Banjarbaru Punya Stadion Kelas FIFA

Dimuat 27 Oktober 2023, proyek tersebut bernama Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Demang Lehman Kabupaten Banjar. Adapun nilai pagu paket pengerjaan konstruksi sebesar Rp115.668.499.000.

Kemudian paket lain adalah pengadaan jasa konsultan guna memanajemen pengerjaan konstruksi dengan nilai pagu sebesar Rp2 miliar. Dengan demikian, total paket rehabilitasi dan renovasi Stadion Demang Lehman senilai Rp117 miliar lebih.

Dari time line tahapan tender, penandatanganan kontrak pemenang tender dijadwalkan akhir Desember 2023. Artinya kontraktor sudah dapat melakukan tugas sejak awal 2024.

Baca Juga: Stadion Demang Lehman Direnovasi, Pindah ke Mana Barito Putera?

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banjar, HM Hilman, menjelaskan renovasi Stadion Demang Lehman akan menyesuaikan kebutuhan.

Di antaranya pergantian rumput, termasuk peningkatan lampu stadion sebagai penunjang penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 mulai musim 2024/2025.

"Pencahayaan yang mendukung teknologi VAR minimal 1.200 lux. Adapun pencahayaan di Stadion Demang Lehman belum memenuhi. Bahkan teknologi lampu sudah ketinggalan," papar Hilman.

Termasuk pembenahan sistem keamanan stadion yang belum memenuhi standar, "Standar keamanan stadion ini meliputi keamanan pemain, wasit, pelatih dan offsial,  serta penonton," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner