Hot Borneo

WBP Lapas Banjarbaru Rutin Dapat Pembinaan Pramuka

Mengoptimalkan dan meningkatkan kepribadian warga binaan pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB secara rutin memberikan pembinaan pramuka.

Featured-Image
WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru diberikan pembinaan pramuka. Foto-humas lapas untuk apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU -Mengoptimalkan dan meningkatkan kepribadian warga binaan pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB secara rutin memberikan pembinaan pramuka.

"Rutin kami lakukan setiap pekan pembinaan pramuka terhadap para WBP," ujar Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang, Minggu (20/11).

"Para WBP dilatih oleh dua pembina kwartir cabang gerakan pramuka Banjarbaru," timpal Amico.

Ada beragam materi kepramukaan yang dibekali oleh para pembina, baik di lapangan maupun ruangan. Mulai dari menanamkan nilai-nilai dasa darma pramuka, berlatih baris-berbaris, membuat yel-yel dan sebagainya.

Pembinaan pramuka ini kata Amico, dalam rangka mewujudkan fungsi pembinaan yang efektif terhadap WBP selama menjalani masa pidana.

"Sudah enam bulan kami rutin melaksanakan pembinaan ini. Tujuannya menciptakan kepribadian WBP yang efektif, mandiri, punya mental agar tidak lagi melakukan hal serupa yang membuat mereka dipidana," paparnya.

WBP yang mengikuti pembinaan pramuka ini diharapkan dapat dengan serius menyerap ilmu yang disampaikan para pembina.

"Saya merasa senang bisa mengikuti pembinaan pramuka ini," sahut Sandy, seorang WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru.

Menurutnya, pembinaan tersebut bisa menjadi pengalaman yang baik, terlebih saat di sekolah pernah mengikuti pramuka juga.

Dirinya mengaku langsung antusias saat mendengar adanya pembinaan pramuka. "Saya langsung ikut," singkatnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner