Erupsi Gunung Bromo

Waspada! Gunung Bromo Keluarkan Asap, Kunjungan Dibatasi

Gunung Bromo di Jawa Timur keluarkan letusan disertai asap putih kelabu di atas puncak kawah. Warga diminta waspada.

Featured-Image
Peningkatan aktivitas Gunung Bromo. Foto: PVMBG

bakabar.com, LUMAJANG - Gunung Bromo di Jawa Timur keluarkan letusan disertai asap putih kelabu di atas puncak kawah. Warga diminta waspada.

Berdasar pengamatan, asap putih itu membumbung hingga 900 meter di atas puncak kawah pada Rabu (13/12). Karenanya, Gunung Bromo kini berada pada Status Waspada.

"Waspada terhadap material letusan berupa abu dan lontaran batu pijar yang mencapai radius 1 kilometer, serta gas-gas berbahaya" kata Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan.

Baca Juga: Waspada! Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan 33 Letusan Dalam 12 Jam

Baca Juga: Sebulan Pasca Karhutla, Kawasan Gunung Bromo Mulai Menghijau

Sementara itu, pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah membatasi kunjungan wisata. Kebijakan itu untuk menghindari potensi aktivitas vulkanik Gunung Bromo.

"Dilarang melakukan kunjungan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo atau batas di Pura Luhur Poten" terang Kepala Balai Besar TNBTS Hendro Wijanarko.

Sebagai informasi, Bromo tercatat sebagai gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2329 mdpl. Gunung ini terletak di 4 wilayah administratif, yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

Editor


Komentar
Banner
Banner