Tak Berkategori

Waspada, BMKG Peringkatkan Tujuh Wilayah Kalsel Hari Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Giofisika dan Klimatologi (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai cuaca di wilayah…

Featured-Image
Prakiraan cuaca BMKG. apahabar.com/Infografis

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Giofisika dan Klimatologi (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai cuaca di wilayah Kalimantan Selatan, hari ini. Sedikitnya ada tujuh wilayah diprakirakan mengalami cuaca kurang bersahabat.

Selain Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, juga Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Baca Juga:Rekam Jejak Sultan Suriansyah, Dibuang Ke Sungai sampai Perang Saudara

Ketujuh wilayah itu diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BMKG memprakirakan hujan terjadi pada siang hari. Kondisi paling parah seperti di Pelaihari. Dari data BMKG, ibu kota pemerintahan Tanah Laut itu mengalami hujan lebat disertai petir.

Sementara itu, untuk Banjarmasin, BMKG memprakirakan hujan lokal terjadi pada siang hari, malam, dan Selasa (12/2) dini hari. Untuk siang hari, kecepatan angin di Kota Banjarmasin mencapai 19 km/jam. Kecepatan angin mengalami pengurangan pada malam, dan Selasa dini hari, yakni menjadi 9 km/jam.

Kendati demikian, suhu udara di Banjarmasin berada di kisaran antara 23-30 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban ada pada rentang 65-95 persen.

Hal serupa juga dialami Banjarbaru, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

BMKG pun berharap warga di wilayah tersebut agar berhati-hati. “Waspada terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Wilayah Kab. Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjarbaru, Banjarmasin, Tapin, Hulu Sungai Selatan,” demikian tulis BMKG disitus resminya, Senin (11/2).

Meski BMKG hanya mengeluarkan peringatan dini untuk ketujuh wilayah itu, namun warga Amuntai (Hulu Sungai Utara) juga patut waspada. Ditilik dari data BMKG, hujan hebat berpetir terjadi di sana pada siang hari. Sama seperti Pelaihari (Tanah Laut) namun di Amuntai, hujan juga terjadi di malam hari.

Suhu udara ada pada kisaran 24-30 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban pada rentang 60-75 persen.

Baca Juga:Hari Libur, Puluhan Aparat Kepolisian Awasi Kantor KPU Kalsel

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner