tanah bumbu

Waspada Banjir Rob, BPBD Tanah Bumbu Ingatkan Warga Pesisir Laut

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengingkatkan kepada warga pesisir laut…

Featured-Image
Banjir Rob melanda jalan raya dan daerah pesisir laut di Batulicin. Foto-apahabar.com/Syahriadi.

bakabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengingkatkan kepada warga pesisir laut waspada terhadap banjir pasang air laut (Rob).

“Kami minta kepada warga yang berdiam di sekitar pesisir laut atau sungai untuk berhati-hati dan waspada terhadap banjir Rob,” pinta Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, Selasa (7/12) siang.

Eryanto mengimbau kepada warga untuk mengamankan diri serta barang berharga yang bisa tenggelam akibat banjir rob tersebut.

“Jadi antisipasi dan amankan lebih dulu, karena air mulai naik menjelang sore hingga tengah malam,” ujarnya.

Kepada para nelayan, Eryanto, juga meminta untuk tidak melakukan aktifitas di laut hingga banjir Rob berakhir.

“Warga khususnya nelayan untuk sementara tidak melakukan aktivitas ke laut mengingat adanya air pasang laut atau Rob dan adanya fenomena alam La Nina yang berdampak pada tingginya curah hujan dan angin kencang,” tegasnya.

Eryanto menambahkan banjir Rob terjadi lebih dominan dan parah di daerah kawasan pesisir pantai yang posisinya agak rendah.

“Pagatan, Batulicin, Setarap dan lainnya yang dekat dengan laut lebih waspada. Kalau ada sesuatu hal segera melapor ke aparat desa, atau tim BPBD, agar segera kita tangani,” pungkasnya.

Seperti diketahui banjir Rob melanda Kabupaten Tanah Bumbu seperti di Batulicin, Pagatan, Setarap dan daerah pesisir lainnya.



Komentar
Banner
Banner