Info Kesehatan

Waspada! 5 Makanan Sehat yang Ternyata Berbahaya

Dokter bedah umum dari Penn Medicine Lancaster, Beth McCampbell mengatakan, ada beberapa alasan mengapa makanan yang dianggap sehat ternyata bisa berbahaya.

Featured-Image
Ilustrasi makanan sehat namun mengandung racun jika salah penyajian. Foto: Net.

bakabar.com, JAKARTA - Kesehatan bermula dari apa yang kita makan. Ungkapan ini jadi pencetus kesadaran akan pentingnya pola makan sehat. Namun, tak banyak yang mengetahui jika ada makanan yang dianggap sehat justru berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, atau keliru dalam penyajiannya.

Dokter bedah umum dari Penn Medicine Lancaster, Beth McCampbell mengatakan, ada beberapa alasan mengapa makanan yang dianggap sehat ternyata bisa berbahaya untuk kesehatan.

"Penyebab umum adalah alergi makanan yang tidak terdiagnosis atau tidak dikenali, atau ketika alergen makanan secara tidak sengaja atau tidak disadari tertelan oleh seseorang, makanan yang sudah layak atau tidak dimasak dengan benar, atau makanan yang hanya aman jika dimakan dengan cara tertentu," ucapnya, melansir CNN (1/2).

Berikut beberapa makanan sehat yang bisa berubah jadi racun jika tidak dikonsumsi dengan benar.

1. Beras cokelat atau gandum

Beras cokelat atau gandum dianggap sebagai biji-bijian padat nutrisi. Namun, makanan pokok yang dipenuhi serat ini mungkin juga mengandung arsenik anorganik.

Menurut Consumer Reports, paparan arsenik yang konsisten dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, juga kanker kulit, kandung kemih, dan hati.

Pasalnya, makanan yang mengandung beras cokelat dapat menambah arsenik logam berat karsinogenik. Hal ini disebabkan lantaran arsenik menumpuk di lapisan luar biji-bijian yang sehat, kaya serat, dan antioksidan.

Kunci untuk mengonsumsi beras cokelat dan produk berbahan dasar beras ini tanpa merasa khawatir adalah dengan memperhatikan seberapa banyak yang dikonsumsi, dan memakannya dalam jumlah sedang.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner