Kalteng

Warga Kelurahan Panamas Kapuas Kembangkan Budidaya Patin

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalteng ternyata memiliki potensi di bidang…

Featured-Image
Masyarakat Kelurahan Panamas Kabupaten Kapuas saat panen ikan patin. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalteng ternyata memiliki potensi di bidang perikanan. Sebagian besar masyarakat di Kelurahan Panamas menggeluti usaha budidaya perikanan khususnya ikan patin.

“Delapan puluh persen kepala keluarga di sini punya kolam ikan patin di belakang rumahnya,” kata Lurah Panamas, Yaya Setiabudi kepada bakabar.com, Rabu (2/9).

Menurut Yaya selaku Lurah dirinya tentu mensupport usaha yang geluti masyarakat di kelurahan. Bahkan dirinya berkeinginan untuk memajukan potensi perikanan di kelurahan yang dipimpinnya itu.

“Kita juga ingin menjadikan Kelurahan Panamas sebagai daerah percontohan budidaya ikan patin dengan bekerjasama Dinas Perikanan Kapuas,” ujarnya.
Hanya saja, tambah Yaya, kendala yang dihadapi para pembudidaya ikan di kelurahannya adalah terkait permodalan.

“Jadi, masyarakat disini berharap perhatian dari pemerintah untuk membantu modal usaha agar mereka bisa lebih maju dan mandiri,” terang Yaya.

Sementara itu Doni, Ketua Kelompok Tani Ikan Panamas Membangun, mengatakan, selain bantuan modal pihaknya juga berharap Dinas Perikanan Kapuas dapat memperbanyak jumlah bantuan pakan ikan.

“Selain bantuan benih kami juga dibantu pakan ikan oleh Dinas Perikanan. Cuma untuk pakan ikan perkiraan kami hanya cukup untuk tiga bulan, kalau bisa ditambah lagi sehingga bisa sampai lima bulan,” harap Doni.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner