Kalsel

Warga Binaan LPKA Kelas I Martapura Sambut Ceria Tim Pusling Dispersip

apahabar.com, MARTAPURA – Rona keceriaan tergambar dari wajah warga binaan begitu rombongan Dinas Perpustakaan dan Arsip…

Featured-Image
Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel juga menghadirkan 4 badut sebagai hiburan. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, MARTAPURA – Rona keceriaan tergambar dari wajah warga binaan begitu rombongan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip) Kalimantan Selatan berkunjung ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Senin (22/6) siang. Selain koleksi buku, program perpustakaan keliling juga menghadirkan 4 badut sebagai hiburan.

“Karena mereka ada keterbatasan aktivitas di luar, maka kitalah yang datang. Ini hanya untuk menambah koleksi mereka,” ucap Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie di sela kegiatan.

Semenjak pandemi Covid-19, kunjungan lapas ditiadakan sementara waktu dan diganti degan panggilan video. Begitu pula program Perpustakaan Keliling (Pusling) Dispersip Kalsel yang sempat terhenti.

Pantauan bakabar.com, kedatangan rombongan ini membawa angin segar bagi warga binaan sebagai hiburan.

Dalam kondisi normal, koleksi buku yang dibawa mobil Pusling dapat dipilih langsung oleh warga binaan. Namun kali ini, buku hanya didrop dan diserahkan kepada petugas lapas.

“Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tidak hanya di sekolah, bisa lewat buku-buku juga. Mereka di sini (lapas) bisa jadi akibat kemajuan teknologi tetapi kurang pengawasan orang tua,” lanjut dia.

Sebanyak 3 boks atau sekitar 300 buku dipinjamkan untuk 43 warga binaan. Jumlah ini untuk menambah koleksi perpustakaan internal yang sudah memiliki 1.300 koleksi buku.

“Antusias mereka cukup bagus. Kita tetap lakukan kegiatan lain seperti pramuka dan keagamaan,” ucap kepala LPKA Kelas I Martapura, Rudi Sarjono menambahkan.

Berada di lingkup masyarakat yang agamis, menurut Rudi, para warga binaan di sana lebih menyukai jenis buku-buku agama. Dari segi pendidikan, pihak lapas juga menyediakan fasilitas sekolah sistem paket.

“Tetap jalan tidak akan putus, asal statusnya usia sekolah,” terang dia.
Begitu pula dari sisi pelatihan keterampilan. LPKA Kelas I Martapura juga menyediakan pelatihan seperti komputer, barbershop, pembibitan hingga pembuatan kue.

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner