Pemko Banjarbaru

Wali Kota Banjarbaru: Home Care Bakal Direalisasikan di 2022

apahabar.com, BANJARBARU – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Banjarbaru, program Home Care bakal direalisasikan Pemerintah Kota…

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin didampingi Wakilnya Wartono dan Sekdakot Said Abdullah. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah.

bakabar.com, BANJARBARU – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Banjarbaru, program Home Care bakal direalisasikan Pemerintah Kota Banjarbaru pada 2022 mendatang.

Dijelaskan Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin, Home Care adalah layanan kesehatan bagi masyarakat Banjarbaru, yang mana petugas kesehatannya langsung datang ke rumah.

Sehingga bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke Fasilitas Kesehatan yang ada di lingkungannya, bisa memanfaatkan Home Care.

“Jadi untuk masyarakat terutama masyarakat yang memiliki penyakit seperti stroke, lumpuh dan lain-lain yang tidak bisa datang ke Faskes, akan dapat pelayanan kesehatan di rumah,” ujar Ovie sapaan akrab Wali Kota Banjarbaru saat ditemui bakabar.com di kegiatan dialog, Senin (6/12).

Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan sampai dengan pemberian obat-obatan.

Selain itu, Home Care ini juga ditujukan untuk masyarakat penderita difabel atau disabilitas.

Dalam pelaksanaannya, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas dan SKPD terkait.

Peran Dinas terkait sebutnya sebagai pendukung, misalnya untuk warga kurang mampu. Maka Dinas Sosial akan ikut membantu denga memberikan sembako dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara mengakses atau mendapatkan pelayanan Home Care?

Ovie menerangkan, nantinya akan dibuatkan aplikasi Home Care agar masyarakat dapat mendaftarkannya sendiri. Namun, apabila masyarakat tidak memiliki smart phone atau gagap teknologi, maka bisa mendaftar manual melalui Ketua RT.

“Bisa lapor ke RT nanti RT yang akan mengisikan aplikasi tersebut, akan terkoneksi langsung ke SKPD terkait,” terangnya.

Atau, lanjutnya bisa juga disampaikan langsung ke Kelurahan atau ke Puskesmas.



Komentar
Banner
Banner