Pemkot Banjarbaru

Wali Kota Banjarbaru dan Istri Raih 2 Penghargaan Manggala Karya Kencana BKKBN RI

Pencapaian gemilang kembali dibuktikan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dan sang istri Vivi Mar’i Zubedi selaku Ketua TP PKK.

Featured-Image
Wali Kota Aditya saat memberikan bantuan kepada ibu balita di Banjarbaru. Foto- Diskominfo Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Pencapaian gemilang kembali dibuktikan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dan sang istri Vivi Mar’i Zubedi selaku Ketua TP PKK.

Pada tahun ini, keduanya memborong 2 Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penghargaan diterima lantaran Aditya Mufti Ariffin dinilai memiliki komitmen dalam mengendalikan penduduk dan keluarga berencana.

Sementara penghargaan diterima Vivi Mar’i Zubedi karena dinilai sudah beperan aktif dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta upaya dalam menurunkan angka stunting melalui Gerakan Banjarbaru Singkirkan Stunting (Basingsing).

2 pencapaian Penghargaan Manggala Karya Kencana itu diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala BKKBN Nomor 118/Kep/G2/2023.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPMPPPA) Kota Banjarbaru, Sri Lailana menyebutkan sejumlah indikator diraihnya 2 penghargaan tersebut.

Pertama Wali Kota Banjarbaru, kata Sri, memiliki komitmen besar dalam membangun Program Bangga Kencana di Banjarbaru.

Di mana, Bangga Kencana adalah program unggulan BKKBN RI guna menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga berkualitas.

Selain itu indikator lain, sambung Sri, keterlibatan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang mengimplementasikan kebijakan kepala daerah.

"Contohnya tahun ini sudah semua kelurahan di Banjarbaru ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB), dan itu semua berhasil diwujudkan. Bukan hanya membentuk tetapi juga melakukan pembinaan kepada masyarakat soal KB dan kesejahteraan sosial," katanya, Senin (3/7) kemarin. 

Kemudian indikator selanjutnya, sebut Sri, dukungan operasional Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Program Bangga Kencana selama dua tahun berturut.

Berdasarkan sejumlah indikator itu, Wali Kota Banjarbaru dinyatakan memenuhi syarat sehingga dianggap layak menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana bersama 58 kepala daerah se Indonesia.

Khusus di Kalimantan Selatan (Kalsel), hanya ada tiga kepala daerah yang menerima penghargaan itu di antaranya Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diserahkan langsung Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Hargana) 2023 di Palembang, Sumatera Selatan. 

"Ini patut dibanggakan karena tidak semua kepala daerah di Kalsel mendapatkan penghargaan ini. Tentunya juga ini bisa menjadi penyemangat kami terus melaksanakan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera," tutupnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner