News

Waduh! Pembukaan Rekrutmen CASN 2023 Terancam Batal

Pembukaan pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 berpotensi batal dilakukan.

Featured-Image
Pembukaan pendaftaran rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 berpotensi batal dilakukan. Foto: Bisnis

bakabar.com, JAKARTA - Pembukaan pendaftaran rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 berpotensi batal dilakukan.

Penyebabnya penentuan formasi dari kementerian lembaga (K/L) dan pemerintah daerah tak kunjung rampung, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Proses dapat dijalankan dengan aman, kalau formasi sudah dikeluarkan akhir Juni 2023," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (7/6).

BKN sendiri tidak mengetahui persis alasan K/L maupun pemda, terkait keterlambatan penyerahan formasi. Padahal formasi penting untuk pelaksanaan, termasuk kesiapan anggaran.

Baca Juga: PNS di Kalsel Boleh Poligami, Tapi Ada Syaratnya...

Baca Juga: Seleksi CPNS Dijanjikan Dibuka Juni 2023, Formasi Lebih Banyak

"Mungkin mereka sibuk macam-macam, sehingga belum semua formasu masuk. Kalau belum semuanya masuk, Kementerian PANRB juga kesulitan memutuskan kebutuhan rasional," jelas Bima.

Seandainya formasi dapat dirampungkan akhir Juni 2023, proses seleksi CASN bisa dilakukan sampai Desember 2023.

"Kami harus berhati-hati menyusun penjadwalan, karena berbahaya kalau menabrak pemilu. Oleh karena tidak boleh melaksanakan kegiatan apapun ketika pemilu, kami juga harus mengikuti," pungkas Bima.

Editor


Komentar
Banner
Banner