Bisnis

Waduh! Masih Ada Bus Lewat Puncak Bogor Perlu Diperbaiki

Petugas gabungan Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi, dan TNI menggelar uji kelaikan kendaraan (ramp check) di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12).

Featured-Image
Petugas gabungan melakukan pengecekan kendaraan di Puncak, Bogor, Kamis (28/12) Foto: apahabar.com/Hendra

bakabar.com, BOGOR - Petugas gabungan Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi, dan TNI menggelar uji kelaikan kendaraan (ramp check) di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12).

Pemeriksaan dilakukan di Rest Area Sari Barokah. Menurut Kabid Sarana Transportasi Jalan Dishub Kabupaten Bogor, Risnandar mengatakan pemeriksaan dikhususkan bagi kendaraan bus pariwisata dari Cianjur menuju Jakarta.

Dia mengatakan alasan dipilihnya lokasi pengecekan karena kontur tanahnya yang tidak merata. Kontur tanah itu menurutnya menjadi rawan kecelakaan untuk pengendara.

"Kontur jalan dari Cianjur menuju Jakarta itu menurun dan biasanya terjadi kecelakaan karena kerusakan pada teknis pengereman," ujar Risnandar.

Baca Juga: Kakorlantas Polri: Jalur Puncak Bogor Waspada Tahun Baru!

Belasan bus diperiksa oleh petugas gabungan. Hasilnya, terdapat dua bus terjaring yang tidak sesuai standar dan perlu diperbaiki.

"Tadi didapatkan ada tiga unit kendaraan, yang dua diarahkan untuk diperbaiki. Setelah diperbaiki, baru mereka bisa melanjutkan perjalanan," ungkapnya.

Selanjutnya, satu bus tersebut secara administratif belum sesuai aturan. Sehingga petugas gabungan memberi teguran untuk segera diperbaiki.

"Yang satu lagi secara administrasi kita arahkan, kita berikan teguran untuk segera menyelesaikan secara administrasinya," lanjutnya.

Baca Juga: Akhiri Jabatan, Bupati Bogor Beri Kado Warga: Samisade!

Pengecekan dilakukan guna memastikan kendaraan yang melintasi Jalan Raya Puncak layak, terutama dari sisi penerangan dan pengereman.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kendaraan yang mengarah ke Jakarta dapat kita perkecil, kita minimalisir risiko kecelakaan yang terjadi," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner