Tak Berkategori

Viral Video Orangutan Berkeliaran di Jalan, BKSDA Kaltim: Habitatnya Memang di Sana

apahabar.com, BALIKPAPAN – Viral video di twitter yang menampilkan keberadaan orangutan berjalan di jalan baru arah…

Featured-Image
Orangutan berjalan di jalan arah Wahau, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Viral video di twitter yang menampilkan keberadaan orangutan berjalan di jalan baru arah Wahau, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim.

Orangutan tersebut terlihat berjalan sembari mencari makan yang diberi oleh pengendara yang melintas.

Dalam video tersebut para pengendara dibuat terkejut dan takut. Sebab hewan langka ini berjalan di tengah jalan dan tidak memperdulikan keberadaan manusia di sekitarnya. Pengendara motor yang hendak melintas pun terpaksa berhenti karena takut dengan orangutan tersebut.

“Nggak apa-apa Pak, kalau ada makanan dikasihkan aja,” seru salah seorang warga dalam video tersebut.

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Ivan Yusfi Noor menjelaskan bahwa memang daerah Sangatta-Tepian Langsat-Simpang Perdau-Bengalon-Kaliorang dikenal sebagai habitat orangutan.

“Memang habitatnya hidup di sana. Di dalam habitatnya, orangutan tersebut bergerak dan beraktivitas untuk mencari pakan dan juga pasangan untuk bereproduksi,” katanya pada Selasa (1/2).

Mengapa berada di jalan raya? Ivan mengatakan bahwa saat itu memang jalur pergerakannya merupakan di kawasan tersebut. Hanya saja area itu sudah menjadi jalan raya, sehingga saat pergerakan orangutan melintas di jalan dan di situlah orangutan terlihat.

“Ketika jalan raya bertemu jalur pergerakannya ya di saat itulah kita bisa melihat orangutan di pinggir jalan,” ujarnya.

Ditanya apakah orangutan tersebut kelaparan? Yusvi belum dapat memastikan hal tersebut. Sebab orangutan mempunyai daya hidup yang tinggi. Ia bisa bertahan hidup bahkan hanya dari memakan tumbuh-tumbuhan di permukaan tanah.

“Belum tentu. Dalam video itu justru menunjukkan perilaku mereka berubah ketika manusia atau pengguna jalan memberi mereka makanan sehingga orangutan bisa jadi terbiasa mencari makanan di jalan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner