Peristiwa & Hukum

Viral Polisi di HSS Membeli dan Pasangi Baju Seorang ODGJ

Aksi seorang polisi di Hulu Sungai Selatan (HSS) mendadak viral di media sosial.

Featured-Image
Seorang polisi mengenakan pakaian kepada ODGJ yang sebelumnya berjalan telanjang bulat. Foto: Tangkapan Layar

bakabar.com, KANDANGAN - Aksi seorang polisi di Hulu Sungai Selatan (HSS) mendadak viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, polisi berpakaian preman itu memakaikan baju dan celana kepada seorang pria Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sebelumnya ODGJ tersebut berkeliaran dengan kondisi telanjang bulat di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan.

Belakangan diketahui bahwa polisi dimaksud merupakan salah seorang personel Sat Intelkam Polres HSS.  Namun yang bersangkutan enggan namanya dipublikasikan.

Ketika dikonfirmasi terpisah, Plh Kasi Humas Polres HSS Ipda Teguh Prasetyo membenarkan aksi yang dilakukan anggota polisi tersebut.

"Polisi tersebut memang bertugas di Polres HSS. Sedangkan video diambil sekitar pukul 17.00 Wita, Jumat (26/1)," jelas Teguh kepada bakabar.com, Senin (29/1).

Dijelaskan bahwa aksi itu dilakukan tanpa direncanakan, "Semula anggota kami dalam perjalanan dari kantor ke rumah. Lalu melihat seorang ODGJ berjalan telanjang bulat di Jalan Simpang Empat Kompi Kandangan," beber Teguh.

Prihatin dengan kondisi ODGJ itu, sang polisi kemudian bertolak menuju Pasar Los Batu Kandangan untuk membeli baju dan celana.

"Sepulangnya anggota kami dari pasar, ODGJ tersebut sudah tidak terlihat di tempat awal," papar Teguh.

"Setelah beberapa menit dicari, akhirnya yang bersangkutan ditemukan di pinggir Jalan Jenderal Sudirman atau tepatnya depan Kantor Kejaksaan Negeri HSS,"  imbuhnya.

Terlepas dari apresiasi positif masyarakat, aksi itu sesuai arahan Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu yang meminta supaya seluruh personel bekerja ikhlas untuk masyarakat.

"Mudah-mudahan semua yang dilakukan memberikan manfaat untuk masyarakat," pungkas Teguh.

Editor


Komentar
Banner
Banner